Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Untuk Pertama Kalinya FP UNS Lepas Calon Wisudawan Secara Virtual

Ada hal yang menarik, unik dan baru pertamakalinya dalam sejarah pelepasan calon wisudawan Fakultas Pertanian UNS dilaksanakan dengan secara virtual. Jum’at, 1 Mei 2020 adalah momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh mahasiswa yang telah menyelesaikan tugas akademisnya di FP UNS dan akan melakukan kegiatan seremonial berupa pelepasan sebagi calon wisudawan  oleh pimpinan fakultas. Namun akibat dampak dari pandemi Covid-19 yang mengharuskan semuanya melaksanakan protokol kesehatan dan harus saling menjaga jarak dan tidak boleh ada kerumunan massa, maka pimpinan Fakultas Pertanain UNS mengambil diskresi  berupa pelepasaan calon wisudawan periode 163 dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Google Meet.

Pelepasan calon wisudawan FP UNS periode 163 diikuti oleh 21 peserta yang berasal dari 6 program studi di FP UNS. Pelepasan dihadiri jajaran dekanat, ketua IKATANI dan Ir. Agus Wahono seorang pengusaha sukses dari Balikpapan Kalimantan Timur.

Mengawali rangkaian kegiatan ini adalah sambutan dari wakil calon wisudawan  Oky Dea Novianti (Prodi PKP) dan dilanjutkan sambutan Dekan FP UNS Prof. Dr. Samanhudi, M.Si, IPM. Dalam sambutannya dekan menyampaikan rasa keprihatinan beliau karena pelepasan calon wisudawan yang biasanya dilaksanakan dengan rasa penuh kegembiraan dan bisa kumpul bersama, sekarang dilakukan dengan cara virtual. “Kita semua prihatin, untuk pertamakalinya sejak berdiri tahun 1976 pelaksanaan pelepasan calon wisudawan dilaksanakan secara online”.

“Kita semua bersedih karena wisuda merupakan waktu yang ditungu-tunggu dan sekarang harus dilaksanakan tidak seperti biasanya, itu semua merupakan kehendak Alloh SWT dan diluar kemampuan kita sebagai manusia untuk menghindar dari itu semua”. Selanjutnya dekan berpesan kepada calon wisudawan agar hasil pembelajaran yang selama ini telah diraih dari bangku kuliah untuk senantiasa dikembangkan  sehingga sesuai dengan nilai-nilai kehidupan di masyarakat.

Mengakhiri rangkaian pelepasan adalah pembekalan menghadapi dunia kerja yang disampaikan oleh Ir. Agus Wahono, seorang pengusaha dari Balikpapan Kalimantan Timur, pemilik PT. Pacific Indo Packing, CV Puri Borneo Teknik, dan AW Tech.

Dalam paparannya Agus Wahono menyampaikan bahwa untuk meraih kesuksesan maka kita perlu melakukan simulasi gambaran masa depan yang memuat tahapan-tahapan yang akan dilaluinya mulai dari tahapan berpikir, analisa permasalahan , perencanaan hingga meraih kesuksesan,

Agus  juga menambahkan bahwa untuk meraih lesuksesan seseorang juga harus mempunyai obsesi berupa keinginan “mau menjadi apa”, “apa yang ingin dimilki”, dan tentu saja dengan memperhitungkan “ kemampuan yang dimiliki”.

Tidak hanya memberikan motivasi kepada calon wisudawan, namun Agus yang juga alumni Ilmu Tanah FP UNS angkatan 1983 juga mengajak dan memberi tantangan kepada calon wisudawan untuk berkarir dan mengembangkan diri dibidang agroteknologi  di Kalimantan Timur.