Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

UNS hadirkan Penyuluh Pemerintah dan Perusahaan

Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Fakultas Pertanian UNS, Jum’at, 26 Mei 2017  menyelenggarakan Kuliah Umum Penyuluhan Pertanian. Kuliah Umum menghadirkan narasumber dari unsur pemerintah Sumarno, SP dari  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Temanggung dan dari dunia usaha Ir. Mugihardjo yang merupakan Direktur Produksi PT. Tunas Agro Persada.

 

Menurut Arip Wijianto, MSi selaku Ketua Panitia dalam kegiatan tersebut, Kuliah umum menghadirkan penyuluh dari pemerintah dan dari perusahaan harapannya agar para mahasiswa memiliki banyak pengalaman lapang terkait dunia penyuluhan.

Dalam kesempatan tersebut Sumarno, SP  yang juga merupakan penyuluh teladan tingkat propinsi Jawa Tengah Tahun 2013, menyampaikan peran strategis penyuluhan dalam membangun kedaulatan pangan dan swasembada pangan. Narasumber kedua Ir. Mugihardjo yang juga merupakan alumni Fakultas Pertanian UNS menyampaikan tentang peran penyuluh dari perusahan dalam mengawal swasembada pangan.

 

Menurut Agung Wibowo, MSi (kepala Program Studi PKP), acara kuliah umum penyuluhan dilakukan secara rutin dengan menghadirkan narasumber praktisi dari dunia usaha agar mengikuti perkembangan dari lapangan. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir.  Bambang Pujiasmanto, MS. Dalam sambutannya Dekan  menandaskan bahwa Fakultas Pertanian siap bekerja sama dengan dinas pertanian untuk melakukan pendampingan dalam transfer inovasi teknologi di petani maupun pengembangan kapasitas kelembagaan pertanian, “Kami memiliki dosen dan mahasiswa dari enam program studi yang siap mengawal program-program pemerintah” tandasnya.