Info Pertanian: Demi Tingkatkan Mutu Layanan Publik FP Universitas Riau Kunjungi FP UNS | PENGUMUMAN REkRUTMEN MAGANG JEPANG | OPINI : LARANGAN BOTOL PLASTIK | Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah | Teknologi Tepat Guna Getuk Keju Frozen |

Teknologi Tepat Guna Getuk Keju Frozen

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sebelas Maret melalui program IPM beberapa waktu yang lalu melakukan  pembinaan kepada  salah satu UMKM yang memproduksi getuk. UMKM yang bernaung di bawah nama “Omah Ubi Mama Una” yang terletak di Desa Triyagan, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo Jawa tengah ini telah beberapa tahun memproduksi getuk dengan ciri khas keju dan dilakukan pemanggangan ini mempunyai keunggulan karena kekhasan rasa yang dominan keju dan sensasi panggangnya.

Namun, menurut Ibu Rusmawati, pemilik UMKM Omah Ubi Mama Una ini, kelemahannya adalah masa simpan yang relative pendek sehingga untuk menjangkau pasar yang jauh terkendala oleh karena bahan olahan ini mudah rusak.

Melalui pengabdian ini Dr. Ir. Rofandi Hartanto, MP bersama Dr. Ir. Sigit Prabawa, M.Si dari Program Studi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNS memperkenalkan olahan pangan frozen, sehingga getuk panggang disimpan dalam bentuk frozen dan tahan simpan selama dalam kondisi beku.

“Prosedurnya, setelah bahan-bahan disiapkan yang meliputi singkong, kelapa muda, margarin, keju, gula dan bahan tambahan lainnya dibuat getuk, kemudian dibentuk dan dipotong-potong lalu dikemas vacuum dan kemudian disimpan dalam freezer”.

“Untuk cara penyiapan ketika hendak dikonsumsi, getuk keju frozen ini dikeluarkan dari freezer istilahnya thawing, kemudian setelah tidak beku bisa digoreng atau dipanggang dan siap disajikan. Dengan teknologi ini getuk keju frozen dapat disimpan lama dan dapat mencapai pasar yang jauh, seperti yang diidamkan oleh pemiliknya’ demikian dikemukakan Dr. Rofandi.