Download

Detail Berita

Kuliah Pakar : Prodi Agroteknologi Hadirkan Pakar Pertanian Presisi

  • 3
  • Senin, 25 March 2024
  • 320 views

Gambar Berita
Keterangan Gambar: Kuliah Pakar : Prodi Agroteknologi Hadirkan Pakar Pertanian Presisi

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Kuliah Pakar dengan tema “Pemanfaatan Citra Unmanned Aerial Vehicle (UAV) untuk Evaluasi Performa Tanaman di Lapangan”. Kuliah pakar disampaikan oleh narasumber Dr. Ir. Wahono, M.T. yaitu dosen Universitas Muhammadiyah Malang dan Chief of Executive Officer di PT. Moto Doro Teknologi. Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Kepala Program Studi Agroteknologi  Dr. Ir. Muji Rahayu, S.P., M.P. yang menyampaikan bahwa kuliah pakar penting dilakukan sebagai transfer ilmu dari pakar pertanian presisi agar mahasiswa Program Studi Agroteknologi mengetahui bagaimana terapan pertanian presisi di lapangan. Sambutan sekaligus membuka acara Kuliah Pakar oleh Dekan Fakultas Pertanian yaitu Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM., ASEAN Eng. menyampaikan bahwa pertanian presisi merupakan bagian dari praktek budidaya pertanian yang modern dan bisa menjawab tantangan pertanian saat ini.

Kuliah Pakar dipandu moderator oleh Gani Cahyo Handoyo, S.P., M.Si. Pada pemaparannya, narasumber Dr. Ir. Wahono, M.T. menyampaikan bahwa pertanian presisi merupakan praktek budidaya berbasis data teknologi yang digunakan untuk pemetaan foto udara, sensor-sensor, dan perangkat lunak. Keunggulan pertanian presisi yaitu dari sisi akurasi, efisiensi, produktifitas, dan ramah lingkungan. Dengan menyediakan data yang akurat, maka identifikasi masalah menjadi lebih mudah dilakukan dan bisa menjadi pertimbangan pembuatan keputusan analisis pertumbuhan tanaman, perencanaan tindakan agronomis, dan estimasi produktifitas. Selain itu supervisi pemantauan tanaman dan pengelolaan kebun yang lebih murah akan berdampak ke efisiensi biaya. Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dapat dibedakan menjadi rotary wing (helicopter, tricopter, quadcopter, dll), fixwing yaitu plane (trainer dan flying wing), dan quad plane (tricopter-plane, quadplane, dan tailsitter). Citra udara yang dihasilkan lalu diproses dari rangkaian foto menjadi orthomosaic.

Kuliah Pakar diikuti oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan Program Studi Agroteknologi dan Fakultas Pertanian UNS, terutama mahasiswa mata kuliah Pengantar Pertanian Presisi.