Download

Detail Berita

Mengawali Tahun 2024, Fakultas Pertanian UNS Menambah Guru Besar Baru

  • 3
  • Selasa, 16 January 2024
  • 72 views

Gambar Berita
Keterangan Gambar: Pengukuhan GB Prof. Rahayu

Mengawali tahun 2024, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) Surakarta menambah Guru Besar baru. Guru besar tersebut adalah Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Rahayu, S.P., M.P dikukuhkan oleh Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum. pada Selasa (16/1/2024) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS bersama dengan tiga guru besar lainnya dari Fakultas Kedokteran dan FKIP.

Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Rahayu, S.P., M.P. merupakan Guru Besar ke-45 FP dan ke-302 UNS. Beliau dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pedology dan Survey Tanah pada Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian UNS. Pidato inagurasi yang dibawakan berjudul ‘Implementasi Pedologi Dalam Menjawab Kebutuhan Pertanian dan Non Pertanian di Masa Depan’.

Dengan dikukuhkannya ke-empat guru besar tersebut Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum menyampaikaan apresiasi dan harapannya.

“Dengan kehadiran empat guru besar yang telah menyampaikan orasi ilmiahnya , menguatkan kembali jati diri UNS untuk terus mengembangkan SDM-nya didalam meniti karir sebagai tenaga penidik dan terus kita dorong untuk menjadi guru besar”.

Rektor menambahkan bahwa sejak UNS berdiri hingga sampai saat ini jumlah guru besar di UNS adalah 302 guru besar dan yang aktif berjumlah 211 guru besar sedangkan fakultas dengan jumlah guru besar  terbanyak adalah FKIP 41 guru besar, Fakultas Pertanian 34 guru besar, dan Fakultas Teknik 27 guru besar.

Selanjutnya Rektor  mendorong agar fakultas untuk terus menambah guru besarnya baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

“Dengan bertambahnya guru besar bisa terus memajukan UNS baik dari sisi riset, inovasi, publikasi dan network’, demikian Rektor mengakhiri sambutannya.