Download

Detail Berita

Tim Omah Anyam UNS melakukan Pemberdayaan Technosociopreneurship dan Good Manufacturing Practice dalam rangka mendukung Potensi UMKM Lokal Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar

  • 3
  • Senin, 8 January 2024
  • 1364 views

Gambar Berita
Keterangan Gambar: Tim Omah Anyam UNS melakukan Pemberdayaan Technosociopreneurship dan Good Manufacturing Practice

Tim Omah Anyam, Fakultas Pertanian (FP), Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta melaksanakan program sociopreneurship terbesar di Indonesia, Innovilage 2023, yang diselenggarakan oleh PT. Telkom Indonesia dan Telkom University. Innovilage adalah sebuah kompetisi sociopreneurship di bidang teknologi digital yang ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia. Innovilage mendorong mahasiswa dari seluruh Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam menangani berbagai permasalahan masyarakat melalui pengembangan aplikasi digital yang sesuai dengan tujuan Social Development Goal’s (SDGs).

Melihat potensi UMKM Desa Ngunut, Tim Omah Anyam UNS melaksanakan program dengan judul “Pemberdayaan Kelompok Usaha Produk Lokal Desa Ngunut berbasis Technosociopreneurship melalui Good Manufacturing Practice (GMP) menuju Smart Village”. Kegiatan pemberdayaan Masyarakat ini dilaksanakan di Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Tim Omah Anyam UNS telah melaksanakan Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) untuk memetakan dan menganalisis produk unggulan lokal pada Hari Jumat tanggal 5 Januari 2024 di Balai Desa Ngunut. Sosialisasi dan FGD menghadirkan PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), UPKKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Kelopok Akseptor), KUPL (Kelompok Usaha Produk Lokal) Desa Ngunut, Camat Jumantono, Asia Council for Small Business (ACSB) Karanganyar, dan Pusat Layanan Umum Terpadu Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUKM) Surakarta.