Download

Detail Berita

Kolaborasi Tim PPK Ormawa HM Pelita dan Taruna Tani Lestari dalam Mewujudkan Pertanian Organik Desa Gentungan 2030 melalui Pelatihan Biopestisida

  • 3
  • Jum'at, 27 October 2023
  • 189 views

Gambar Berita
Keterangan Gambar: Kolaborasi Tim PPK Ormawa HM Pelita dan Taruna Tani Lestari

Tim PPK Ormawa HM Pelita Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Fakultas Pertanian UNS berkolaborasi dengan Taruna Tani Lestari desa Gentungan, Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar melaksanaan pelatihan Biopestisida.

Salah seorang anggota PPK Ormawa HM Pelita Reva Abdya Pratama menyampaikan bahwa  “Tujuan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) HM Pelita 2023, antara lain menjadikan Taruna Tani Desa Gentungan sebagai fasilitator budidaya padi organik sehingga banyak pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan”.

“Salah satunya yaitu pelatihan biopestisida yang merupakan jenis pestisida dengan bahan utama bersumber dari bahan hayati atau makhluk hidup seperti mikroorganisme, bakteri, cendawan, nematoda, atau virus”.

Lebih lanjut Reva menambahkan bahwa biopestisida ini digunakan untuk mengendalikan hama dan penyakit yang dapat merusak tanaman. “Biopestisida diusung karena keistimewaannya yang ramah lingkungan dan mampu mengurangi dampak negatif yang disebabkan oleh penggunaan pestisida kimia”.

“Selain itu, biopestisida juga dikenal sebagai agen biologi atau produk-produk alam yang digunakan untuk mengontrol hama pada tanaman dan sesuai dengan kebutuhan taruna tani dalam menunjang pertanian organic”.

“Dalam pelatihan ini pembuatan biopestisida dipraktekkan secara langsung dan melibatkan masing-masing anggota taruna tani. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menghasilkan output taruna tani mampu membuat biopestisida secara mandiri di kemudian hari”, demikian pungkas Reva.