Monday, 26 July 2021 178 View

Hilirisasi Benih Pisang Hasil Kultur Jaringan Sebagai Hasil Riset dan Inovasi Fakultas Pertanian UNS

 

Oleh:

Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng., Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc., Dr. Muji Rahayu, S.P., M.P., dan Andriyana Setyawati, S.P., M.P., Ph.D.

 

Deskripsi Produk

Pisang merupakan salah satu buah yang menduduki tempat pertama di Indonesia diantara jenis buah-buahan lainnya, baik dari segi sebaran, luas pertanamannya maupun segi produksinya. Pisang merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi jika dibudidayakan secara intensif dengan menerapkan teknologi secara tepat. Dalam budidaya pisang secara tradisional, biasanya yang digunakan sebagai benih adalah anakannya, yang rata-rata hanya menghasilkan 4-5 anakan per tahun. Kendala benih asal anakan selain ukuran dan umur yang tidak seragam juga berpotensi menjadi sumber inokulum yang sangat kompeten terhadap penularan penyakit. Dengan kata lain untuk memenuhi target perluasan lahan komersial tanaman pisang, ketersediaan benih bermutu yang seragam dalam jumlah besar sulit diperoleh. Metode kultur jaringan merupakan salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan benih dalam budidaya pisang secara konvensional tersebut. Budidaya pisang secara kultur jaringan merupakan metode yang dapat diterapkan untuk menghasilkan benih tanaman pisang yang sehat dan dalam budidaya bersifat terkendali tidak terpengruh oleh musim.

 

Spesifikasi Produk

Benih pisang yang dihasilkan oleh Fakultas Pertanian UNS melalui kultur jaringan ini masih berada pada polibag dan mempunyai spesifikasi tinggi tanaman sekitar 50 cm, diameter batang sekitar 2-3 cm, jumlah daun 4-5 helai.

Keunggulan Produk

Benih pisang kultur jaringan yang dihasilkan oleh Fakultas Pertanian UNS ini mempunyai keunggulan antara lain dapat tersedia dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat, lebih tahan terhadap hama dan penyakit, bentuk dan ukurannya seragam, umur benih seragam, dan dapat diproduksi sepanjang waktu karena tidak terpengaruh oleh musim.

 

Mitra yang Mengkomersialkan

Mitra yang mengkomersialkan benih pisang hasil kultur jaringan Fakultas Pertanian UNS ini adalah CV. Triagro, yang beralamat di Perum Bintang Jatikuwung No. 33, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah

 

Foto Produk

 

 

 

 


Hilirisasi Benih Pisang Hasil Kultur Jaringan Sebagai Hasil Riset dan Inovasi Fakultas Pertanian UNS