Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Pengembangan Hutan Pendidikan dan Konservasi Biodiversitas di kampus UNS

Pembangunan hutan pendidikan bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya menanam dan memelihara pohon sejak usia dini hingga usia dewasa melalui jalur pendidikan formal dengan melibatkan secara aktif pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik yang aktif dalam penyelenggaraan pendidikan di lembaga pendidikan, hal ini disampaikan Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah dalam acara Penanaman Pohon dalam Rangka Pengembangan Hutan Pendidikan dan Konservasi Biodeversitas di Lingkungan Kampus Universitas Sebelas Maret, Kamis 14 Nopember 2013 di Fakultas Pertanian UNS.

Penanaman Pohon dalam Rangka Pengembangan Hutan Pendidikan dan Konservasi Biodeversitas di Lingkungan Kampus yang dipusatkan di kampus Universitas Sebelas Maret ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani pada tanggal 6 Nopember 2013.

Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Ir. Ravik Karsidi, MS dalam sambutannya mengatakan  sesuai dengan kebijakan green campus, 42 % lahan di UNS masih berupa ruang terbuka hijau untuk daya dukung dan daya tampung lingkungan. UNS juga secara bertahap  mengembangkan Arboretum ( lahan konservasi keanekaragaman hayati dengan pohon-pohon langka Jawa/Indonesia). Lebih lanjut rektor mengemukakan dari 74 hektar lahan di kampus, 1 hektar sudah dihibahkan ke pemerintah kota Surakarta untuk hutan kota.

Hadir dalam kegiatan Penanaman Pohon dalam Rangka Pengembangan Hutan Pendidikan dan Konservasi Biodeversitas di Lingkungan Kampus Universitas Sebelas Maret adalah Kepala SKPD lingkup Propinsi Jawa Tengah, Direktur Bina RHL Kementrian Kehutanan, Kepala UPT Kementrian Kehutanan di Jawa Tengah, Dekan Fak Biologi UNSOED, Dekan Fakultas Pertanian UNDIP, Kepala Badan Konservasi UNNES , PTS dll.