Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Kuliah Umum : Manajemen Logistik dan Pemasaran Produk Agribisnis

Kamis, 4 April 2019 Program Studi D3 Agribisnis Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan kuliah umum dengan mengangkat tema “ Manajemen Logistik dan Pemasaran Produk Agribisnis di Era Revolusi Industri 4.0″.  Kuliah umum menghadirkan narasumber Suprapto Suwaji vice chairman  Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI) dan Joko Purnomo Rumah Kreatif BUMN.

Kuliah umum dibuka Kepala Program Studi D3 Agribisnis, R. Kunto Adi, SP, MP dan dihadiri oleh mahasiswa D3 Agribisnis.  Dalam paparannya Suprapto Suwaji yang juga Asesor Nasional BNSP menyampaikan “Dalam menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 terdapat 5 sektor yang dipersiapkan oleh Indonesia dalam upaya meningkatkan daya saing dan produktivitas industri manufaktur nasional diantaranya adalah : industri makanan dan minuman, industri otomotif, industri kimia, industri elektronika dan industri tekstil dan pakaian jadi”.

Lebih jauh disampaikan bahwa produk agribisnis mempunyai nilai strategis bila diinjau dari segi pelaku pasar, karena memiliki kapasitas permintaan yang tinggi dengan peluang variasi dari berbagai jenis komoditas. Begitu juga dilihat dari konsumen, kebutuhan akan produk agribisnis akan meningkat sejalan dengan pengetahuan akan gizi dan kesadaran hidup sehat.

“Kendala produk agribisnis di Indonesia adalah rantai pasok produksi terlalu panjang dan banyak melibatkan aktor sebelum sampai kepada konsumen, sehingga akan berdampak pada meningkatnya harga produk pertanian”.