Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Ilmu Tanah Juarai PILMAPRES Tingkat Fakultas 2019

Tujuan pendidikan tinggi yang utama adalah mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan berbudaya untuk kepentingan bangsa.

Sejalan dengan perkembangan zaman, Pilmapres dituntut untuk mampu mencermati kualitas peserta yang sesuai dengan perkembangan terkini baik di bidang keilmuan maupun di masyarakat. Revolusi Industri 4.0 yang terjadi saat ini mempengaruhi paradigma keilmuan sehingga perguruan tinggi dan mahasiswa harus mampu menyelaraskan diri dengan fenomena tersebut dalam pembelajaran.

Hasil pembelajaran harus mampu menanamkan dan mendemonstrasikan penerapan nilai-nilai kreativitas dan inovasi, pemikiran kritis dan pemecahan masalah yang tepat, komunikasi aktif, dan kolaborasi agar mahasiswa mampu menyintas disrupsi yang tengah terjadi di berbagai bidang.

Dengan berlandaskan kepada hal tersebut  Fakultas Pertanian UNS, Selasa, 6 Maret 2019 melaksanakan seleksi mahasiswa berprestasi (PILMAPRES)  tingkat fakultas.  Dalam pelaksanaan PIMAPRES tahun 2019 seleksi diikuti oleh sembilan mahasiswa yang terdiri dari enam mahasiswa dari program S1 dan tiga mahasiswa dari program D3.

Penilaian PILMAPRES merujuk pada kinerja individu mahasiswa yang memenuhi kriteria pemilihan yang terdiri atas  unsur, yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK);
  2. Karya tulis ilmiah beserta ringkasan;
  3. Prestasi/capaian yang diunggulkan dan dibanggakan;
  4. Bahasa Asing

Setelah dilakukan tahapan seleksi  tahap awal (desk evaluation) yang terdiri dari penilaian persyaratan administrasi; karya tulis ilmiah; dan data prestasi/capaian mahasiswa serta tahapan  penilaian presentasi karya ilmiah, akhirnya tim juri yang terdiri delepan anggota memutuskan hasil dari PILMAPRES adalah sbb :

Program S1 :

No Nama Prodi Peringkat
1 Sani Kamil Baldan Ilmu Tanah 1
2 Aringga Wicaksana ITP 2
3 Fajar Julian Santoso PKP 3
4 Iqbal Luthfi Ramadhan Agribisnis 4
5 Dian Wahyu Pratama Agroteknologi 5
6 Diana Rahmawati Peternakan 6

 

Program D3 :

No Nama Prodi Peringkat
1 Ruby Agil Hasan D3 Agribisnis 1
2 Ahmad Imam Syafii D3 Agribisnis 2
3 Sri Sumarsih D3 THP 3

 

Penyerahan sertifikat dan dana pembinaan diserahkan secara langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS kepada mahasiswa peserta PILMAPRES di ruang Sidang, Jum’at 8 Maret 2019. Selanjutnya 2 peringkat teratas dari program S1 dan D3 akan mewakili Fakultas Pertanian untuk seleksi PILMAPRES tingkat universitas.