Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

FP UNS Selenggarakan Halal Bihalal Secara Online

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat untuk terus menjalin tali silaturahim dan saling bermaafan diantara  keluarga besar Fakultas Peranian UNS. Hal tersebut tercermin dalam kegiatan halal bihalal keluarga besar Fakultas Pertanian UNS yang digelar secara virtual via Aplikasi Zoom Meeting Jum’at, 29 Mei 2020.

Halal bihalal diikuti dekanat beserta jajarannya, staf pengajar, tenaga kependidikan, Dharma Wanita, purnakarya, alumni, mahasiswa dan tidak ketinggalan adalah kehadiran rektor beserta wakil rektor pada kesempatan tersebut.

Kegiatan diawali dengan saling bermaaf-maafan diantara peserta kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan diteruskan dengan sambutan dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Samanhudi, SP, M.Si, IPM. Dalam sambutannya dekan memberikan apresiasi kepada beberapa staf pengajar Fakultas Pertanian yang telah menyelesaikan studi S3-nya.

Sambutan selanjutnya adalah dari Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum, dalam sambutannya rektor sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada Fakultas Pertanian karena Fakultas Pertanian merupakan salah satu fakultas di UNS yang memiliki jumlah guru besar dan doktor terbanyak di UNS, bahkan rektor sempat mengatakan bahwa dari segi prosentase Fakultas Pertanian memiliki jumlah guru besar terbanyak di UNS.

Acara inti berupa siraman rohani disampaikan  Ustadz Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono,  Sekretaris Eksekutif SPMB UNS yang juga merupakan Guru Besar pada Prodi Agroteknologi  FP UNS.  Dengan mengangkat tema “Hikmah Idul Fitri Dalam Pandemi Covid-19 Membangun Semangat Akademik” ustad Hadiwiyono menyampaikan bahwa untuk membangun semangat akademik dimasa pandemi seperti sekarang ini perlu didukung 3 unsur energi yaitu energi yang datang dari momentum Hardiknas yang jatuh pada 2 Mei, momentum Idul Fitri 1441 H, dan momentum pandemi covid-19 yang sedang melanda dunia.

Ustad Hadiwiyono menambahkan bahwa untuk membangun semangat akademik juga perlu didukung dengan adanya Semangat atau Jihad yang sungguh-sungguh (Qur’an Surat Al Haj ayat 78); selanjutnya adalah pentingnya Evaluasi Diri/Hisap (Qur’an Surat Al Hasyr ayat 18); tidak kalah pentingnya adalah adanya Kesabaran/Upaya Berkesinambungan/Istiqomah (Qur’an Surat Al Baqarah ayat 154), (Q.S. Al Insyirah ayat 5). Beliau sempat mensitir nasehat dari bapak kedokteran Islam Ibnu Sina : bahwa kepanikan adalah separuh penyakit, ketenangan adalah separuh obat dan kesabaran adalah permulaan kesembuhan.  Dan yang terakhir adalah buah dari itu semua yaitu Kebersamaan/Ukhuwah diantara semua pemangku kepentingan untuk saling memahami tugas dan fungsi masing-masing, dan saling mendukung secara bersinergi.