Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

FAPERTA Hadirkan Peneliti Aplikasi Metabolomik Universitas Osaka Jepang

Senin, 24 September 2018 Fakultas Pertanian UNS menghadirkan  Dr. Sastia Prama Putri seorang peneliti aplikasi metabolomik dari Universitas Osaka Jepang. Kehadiran Dr. Sastia di Fakultas Pertanian UNS adalah sebagai dosen tamu pada Program Studi Ilmu Teknologi Pangan. Tema yang diangkat adalah tentang “Metabolomics : Current Technologies and Future Trends In Food Sciences”.

Dr. Sastia adalah seorang asisten profesor di Departemen Biotechnology di bawah Prof. Fukusaki di Universitas Osaka Jepang. Dr. Sastia aktif dalam studi aplikasi metabolomik untuk biofuel dan produk pangan asli Indonesia, seperti tempe, kopi, manggis, dan pisang.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Sastia menyampaikan bahwa metabolomik adalah suatu studi tentang metabolit, senyawa kimia yang terlibat dalam proses metabolisme. Metabolomik termasuk advanced science dan belum banyak ahlinya. Aplikasinya sangat luas untuk bidang life science dan interdisciplinary serta banyak melibatkan disiplin ilmu dan kolaborasi.