Info Pertanian: WEBINAR NASIONAL AGRIXPLOSION 2020 | Pengumuman Sub Bagian Kemahasiswaan dan Alumni FP | Mahasiswa FP UNS Juara 2 LKTI Nasional Bidang Teknologi Pangan | PENYULUHAN DAN PENGENALAN BUDIDAYA PISANG HASIL KULTUR JARINGAN PADA GABUNGAN KELOMPOK TANI” SARI TANI” DESA GENTAN, KECAMATAN BENDOSARI, KABUPATEN SUKOHARJO | Workshop Rekonstruksi Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka |

Aplikasi Nanopestisida Pada Cabai Merah Hasilkan Produk Melimpah

 

Tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, MS; Dr. Ir. Puji Harsono, MS, serta dibantu beberapa mahasiswa melaksanakan kegiatan ‘Pembuatan Demplot Budidaya cabai Merah dengan Aplikasi Nanovirusida”.

Kegiatan demplot ini dilaksanakan dengan sasaran mitra pada kelmpok tani Sidoluhur dan Kelompok WanitaTani Puteri Mandiri di Desa Cabeyan, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo. Pembuatan demplot dilaksanakan dalam kurun waktu 7 bulan dimulai bulan April sampai dengan Oktober 2019.

Ketua pelaksana pengabdian Prof. Hadiwiyono menyampaikan keberhasilan dengan metode aplikasi nanovirusida. “Pertanaman cabai merah yang diaplikasi dengan nanopestisida memberikan hasil lebih tinggi 17,57% dibandingkan dengan yang praktikan petani dengan pestisida kimia sintetik”.