Tingkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Lingkungan, Prodi Agribisnis Berdayakan  Bank Sampah Gemi Nastiti
Friday, 03 June 2022 55 View

Tingkatkan Kesejahteraan dan Kualitas Lingkungan, Prodi Agribisnis Berdayakan Bank Sampah Gemi Nastiti

Riset Grup Ekonomi dan Pembangunan Pedesaan, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS)  , Sabtu 28 Mei 2022 melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertempat di Bank Sampah Gemi Nastiti RT 01 RW XI Gobayan, Makamhaji, Kartosuro, Sukoharjo.

Pengabdian kepada masyarakat dihadiri  40 peserta terdiri atas pengurus dan nasabah Bank Sampah Gemi Nastiti, Ketua Tim Penggerak PKK RT, Tim Pelaksana dari Riset Grup Ekonomi dan Pembangunan Pedesaan UNS. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Riset Grup Ekonomi dan Pembangunan Pedesaan Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UNS, Dr. Agr.Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M. Ec. 

Dalam sambutannya Dr. Agr.Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M. Ec.  menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kerjasama pihak desa maupun Bank Sampah Gemi Nastiti pada kegiatan pengabdian ini dan menyampaikan tujuan kegiatan. Selanjutnya Dr. Agr.Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M. Ec.   berharap kegiatan yang dilakukan bermanfaat untuk Bank Sampah Gemi Nastiti, masyarakat dan bagi perguruan tinggi untuk pengembangan ilmu dan penerapannya di masyarakat.

“Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan Kinerja Bank Sampah Gemi Nastiti agar lebih baik dalam manajemen, lebih aktif dan produktif dalam mengelola sampah melalui 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)”.

“Dan diharapkan akan memberikan manfaat dengan  meningkatnya pengetahuan pengurus dan nasabah bank sampah Gemi Nastiti tentang pengelolaan sampah dan bank sampah serta  memiliki ketrampilan membuat handycraft dari sampah sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki kualitas lingkungan”.

Sambutan selanjutnya dari Direktur Bank Sampah Gemi Nastiti,  Warismi dan Eny Retnowati Ketua Tim Penggerak PKK RT 01 RW XI Makamhaji mewakili pihak desa Makamhaji.  Keduanya berterima kasih atas kemitraan yang dijalin oleh tim pengabdian kepada masyarakat dan berharap kerjasama ini berlanjut dan bermanfaat bagi pengembangan bank sampah Gemi Nastiti khususnya dan masyarakat Desa Makamhaji pada umumnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan cara inti berupa :

1.  Pelatihan Manajemen Bank Sampah dengan Nara Sumber  Suryono Arif Wijaya, M.T.  ( Ketua Bank Sampah Induk Kecamatan Kartosuro). Materi meliputi kepentingan pengelolaan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle), peranan bank sampah dalam pengelolaan sampah dan bagaimana mengelola bank sampah agar produktif, maju, dan berkembang.

2.  Penyerahan bantuan sarana prasarana bank sampah berupa timbangan digital kapasitas 300 kg, ember plastik bertutup (untuk menampung sampah organik) sebanyak 50 buah, kalkulator, alat pembuatan handicraf (gunting, lem tembak, hanger, dll). Bantuan diserahkan oleh ketua tim pengabdian Wiwit Rahayu S.P., M.P. kepada Marsidah, penasehat Bank Sampah Gemi Nastiti

3. Pelatihan Pembuatan handicraft dari sampah dengan nara sumber Mulyani, S.Pd. dan Nurul Rohmadi, S.Pd dari Rumah Edukasi Karebet.