Tim Semar UNS Raih Juara 2  International Smart Farming Competition
Friday, 02 July 2021 87 View

Tim Semar UNS Raih Juara 2 International Smart Farming Competition

Tim Semar Univrsitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih  juara 2 dalam International Smart Farming Competition (ISFC) yang diselenggarakan oleh UNS. Tim Semar UNS beranggotakan Nugroho Hasan (PKP 2018), M. Safrudin (PKP 2019), Nur Habib (Informatika 2018), dan Yokanang Chandra (Pendidikan IPA 2018). Tim Semar mengangkat tema E-commerce in Agriculture dengan judul Digitalization of Chili Auction Market to Increase Farmer Income in Coast Sand Land.

Lomba International Smart Farming ini diselenggarakan melalui 3 tahapan yaitu.

1. Tahap 1: Seleksi paper dan poster

2. Tahap 2: seleksi video presentasi

3. Tahap 3: seleksi live presentation

Dalam final ISFC ini diikuti oleh 5 finalis dari berbagai kampus terbaik di Indonesia yaitu UGM, IPB, UNS, dan Universitas Gunadarma.

Salah satu angggota tim Semar, Nugroho Hasan mengemukakan latar belakang mengangkat judul sehingga meraih prestasi sebagai juara 2 kompetisi ini.

Semar Dica Apss merupakan aplikasi pasar lelang digital yang diinovasikan kepada para petani cabai di Kecamatan Panjatan Kulon Progo”.  

“Alasan kami membuat aplikasi ini yaitu karena rantai pemasaran yang lebih panjang ketika menggunakan pasar lelang konvensional dengan adanya tengkulak local”.

“Adanya pasar lelang digital dapat memotong 1 rantai pemasaran sehingga dapat meningkatkan daya tawar petani cabai dan peningkatan pendapatan petani”.

“Harapan kami dengan lomba ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa pertanian di Indonesia untuk terus memberikan inovasi pertanian bagi bangsa”, demikian disampaikan Nugroho Hasan mahasiswa Prodi PKP yang sarat dengan prestasi akademik.