Tim Agridaya BEM FP Launching Hasil PHP2D Di Desa Ngunut Karanganyar
Monday, 01 November 2021 87 View

Tim Agridaya BEM FP Launching Hasil PHP2D Di Desa Ngunut Karanganyar

Tim Agridaya BEM FP UNS melakukan launching hasil PHP2D 2021 di Balai Desa Ngunut, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar pada Kamis, 28 Oktober 2021. Acara Launching ini dihadiri oleh mitra UMKM dari desa, perangkat desa, perwakilan mahasiswa FP UNS, dosen pendamping PHP2D BEM FP UNS, Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FP UNS Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P., IPU, ASEAN Eng, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Ketenagakerjaan, dan UKM Karanganyar, Martadi, S.Sos., M.M, serta Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Karanganyar , Drs. Titis Sri Jawoto.

Kegiatan Launching Hasil PHP2D dilakukan untuk memperkenalkan produk lokal unggulan Desa Ngunut Binaan dari BEM FP UNS.

Sayemilah mitra kegiatan PHP2D mengatakan bahwa “Adanya kegiatan PHP2D ini meningkatkan daya tarik produk jamu instan sehingga lebih mudah terjual di pasar”. Sutarno, S.Pd. selaku Kepala Desa Ngunut menegaskan bahwa “Program PHP2D BEM FP UNS sangat bermanfaat dalam memberdayakan Desa Ngunut untuk meningkatkan perekonomian warga".

Camat Jumantono (Sugihardjo, S.IP., M.M) yang hadir dalam kegiatan launching menyatakan bahwa “Produk UMKM Desa Ngunut akan cepat terakselerasi dengan kemasan menarik dan berharap akan menjadi produk unggulan Karanganyar'.

Pernyataan Camat Jumantono dipertegas oleh Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan, Ketenagakerjaan, dan UKM Karanganyar (Martadi, S.Sos., M.M) “UMKM di Desa Ngunut harapannya dapat bergabung ke komunitas UMKM internasional di Karanganyar yaitu International Council Small Business/ICSB, agar produk akan terus berkelanjutan di pasar dan mencapai pasar global”.

Pihak Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Karanganyar yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Agung Tjahjo Nugroho, menyatakan bahwa Produk lokal Desa Ngunut segera diurus perizinannya supaya segera masuk ke berbagai pusat oleh-oleh di Karanganyar dan Desa Ngunut segera membentuk Kelompok Sadar Wisata supaya dapat segera menjadi Desa Wisata.

Wakil Dekan Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan FP UNS (Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P., IPU, ASEAN Eng.) di akhir sambutannya menegaskan bahwa “Mahasiswa Fakultas Pertanian UNS harus terus memperbanyak mitra desa untuk mendukung program KKN membangun desa dari tim MBKM UNS”.

Acara Launching Produk UMKM dan Gerai Agridaya diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh pihak Fakultas Pertanian UNS kepada pihak Desa Ngunut. Setelah pemotongan tumpeng dilaksanakan pemotongan pita di Gerai Agridaya oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Karanganyar (Drs. Titis Sri Jawoto) dan memberikan pesan agar para pelaku UMKM Desa Ngunut membuat produk instan siap minum karena masih jarang di pasar pariwisata.

Program PHP2D yang dilaksanakan oleh BEM FP UNS memperoleh pendanaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebesar Rp. 35.000.000 dan Dana Desa Sebesar Rp. 10.000.000 . Pihak Fakultas Pertanian dan Universitas Sebelas Maret memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan kegiatan ini

Kegiatan PHP2D ini juga merupakan implementasi Kampus Merdeka-Merdeka Belajar skema Bangun Desa. Mahasiswa anggota tim PHP2D BEM FP selain memperoleh pembelajaran di luar kelas, juga mendapatkan rekognisi mata kuliah yang relevan hingga 10 sks. Mata Kuliah yang terekognisi oleh program studi masing-masing anggota tim pelaksana yaitu KKN, Sosiologi Pedesaan, Penyuluhan dan Komunikasi Peternakan, Pemasaran dan Tata Niaga Peternakan, Sosiologi Pertanian, Sistem Informasi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Rekognisi mata kuliah maksimal 10 SKS tersebut merupakan hak mahasiswa yang diberikan oleh masing-masing program studi di lingkungan Fakultas Pertanian UNS.