Sinkronisasi Kegiatan Program Studi Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian UNS dengan Tahura KGPAA Mangkunegoro I
Friday, 25 February 2022 146 View

Sinkronisasi Kegiatan Program Studi Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian UNS dengan Tahura KGPAA Mangkunegoro I

Program Studi Pengelolaan Hutan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret menerima kunjungan kerja Tahura KGPAA Mangkunegoro I. Jawa Tengah pada hari Kamis, 24 Februari 2022 di Gedung B Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret. Kunjungan ini merupakan tindaklanjut dari Kerjasama antara Program Studi Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian UNS dengan Tahura KGPAA Mangkunegoro I. Kunjungan kerja Tahura KGPAA Mangkunegoro I ke Fakultas Pertanian UNS ini merupakan suatu kesempatan yang baik bagi Prodi Pengelolaan Hutan untuk mensinkronkan beberapa kegiatan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) baik kegiatan regular, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ataupun kegiatan kelompok studi mahasiswa di lingkungan Program Studi Pengelolaan Hutan FP UNS.

Pertemuan ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Pertanian yang diwakil oleh Wakil Dekan 2 bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik, Kaprodi dan Dosen di lingkungan Prodi Pengelolaan Hutan FP UNS, Unit Magang Fakultas Pertanian UNS, Unit Kerjasama Fakultas Pertanian UNS dan Kepala Balai Tahura KGPAA Mangkunegoro I dan jajarannya.

Kegiatan kunjungan diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan 2 bidang Sumberdaya Manusia, Keuangan dan Logistik  Prof. Dr. Ir.  Sudadi, MP. Selanjutnya penyerahan simbolis produk publikasi yang telah dihasilkan oleh Program Studi Pengelolaan Hutan dalam melakukan kegiatan P2M di Tahura Mangkunegoro I, yaitu buku Keanekaragaman Bambu di Tahura KGPAA Mangkunegoro I, dilanjutkan pemaparan dari setiap instansi. Prodi Pengelolaan Hutan diwakili oleh Rezky Lasekti Wicaksono, S.Hut., M.Sc., dan Tahura KGPAA Mangkunegoro I diwakili oleh Dhidhit Suryono, S.Hut., serta diskusi interaktif kedua instansi. Pemaparan diawali dengan penyampaian informasi kegiatan setiap instansi dalam setiap tahunnya hingga peluang-peluang yang dapat disinkronisasikan.

Pertemuan ini juga membahas masalah peluang-peluang pendanaan yang dapat diajukan sebagai tindaklanjut dari Kerjasama, salah satunya yaitu peluang pendanaan Maching Fund dari Kementerian DikbudDikti. Selain itu, Program magang untuk mahasiswa juga disinggung secara runut dalam pembahasan Kerjasama ini. Harapannya Kerjasama ini dapat berjalan lebih baik kembali kedepannya antara Program Studi Pengelolaan Hutan dengan Tahura KGPAA Mangkunegoro I, sehingga peran kedua instansi dalam penjaga dan mengelola hutan tetap lestari dapat berjalan dengan baik.