Prof. Samanhudi Dekan FP UNS, Resmi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Rektor UNS
Wednesday, 12 October 2022 227 View

Prof. Samanhudi Dekan FP UNS, Resmi Mendaftar Sebagai Bakal Calon Rektor UNS

Proses pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) periode 2023-2028 memasuki masa penjaringan bakal calon. Pendaftaran bakal calon Rektor UNS dibuka mulai 3 – 10 Oktober 2022 selanjutnya proses pengumpulan berkas dari bakal calon hingga Selasa, 11 Oktober 2022.

Sebanyak sembilan Guru Besar UNS resmi mendaftar sebagai Bakal Calon Rektor UNS masa bakti 2023-2028. Satu dari kesembilan Guru Besar tersebut adalah Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng.

Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng, menyampaikan bahwa pencalonan diri beliau menjadi bakal calon Rektor UNS adalah tidak terlepas dari berbagai pertimbangan dan sebagai tindaklanjut dari keputusan Rektor beserta jajaran pimpinan UNS.

“Setelah memperhatikan berbagai pertimbangan dan untuk menindaklanjuti keputusan Bapak Rektor beserta jajaran Pimpinan Universitas, akhirnya saya tidak bisa menghindar lagi untuk tidak menjalankan tugas tersebut”.

Selanjutnya beliau menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan segenap keluarga besar Fakultas Pertanian UNS dan berharap melalui doa keluarga besar FP UNS, dapat melalui semua tahapan dengan lancar dan mudah.  

”Untuk itu dengan segala kerendahan hati kami mengucapkan terima kasih atas doa yang tulus dan dukungan dari Bapak/Ibu semua, semoga saya dapat diberikan kelancaran dan kemudahan dalam mengikuti semua tahapan seleksi yang ada”, ujar Prof. Samanhudi.

Usai pengumpulan berkas, tahapan selanjutnya yaitu panitia akan melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan pendaftar bakal calon Rektor UNS pada tanggal 12-14 Oktober 2022. Bagi bakal calon Rektor UNS yang lolos tahap verifikasi, mereka diberikan kesempatan untuk memaparkan misi dan visinya pada tanggal 16-17 Oktober 2022. Setelah itu, Majelis Wali Amanat (MWA) UNS akan menetapkan tiga calon Rektor UNS pada 20 Oktober 2022. Pemaparan visi misi dijadwalkan pada tanggal 27 – 28 Oktober 2022, kemudian dilanjutkan dengan Pemilihan Rektor melalui rapat pleno MWA pada 11 November 2022. Sedangkan pengambilan sumpah Rektor UNS terpilih dijadwalkan pada 10-11 April 2023.