Prodi Pengelolaan Hutan Bangun Jejaring dengan Komunitas Manajemen Hutan Indonesia
Monday, 30 August 2021 93 View

Prodi Pengelolaan Hutan Bangun Jejaring dengan Komunitas Manajemen Hutan Indonesia

Komunitas Manajemen Hutan Indonesia (KOMHINDO) melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) daring pada hari Sabtu (28/08/2021). Rapat perdana tersebut menitik beratkan pada agenda penyamaan persepsi Tugas Pokok Fungsi (TUPOKSI) Pengurus KOMHINDO periode 2021-2023. Kegiatan tersebut dihadiri 50 peserta dengan dipandu oleh Sekretaris KOMHINDO La Ode Agus Salim Mando, S.Hut.,M.Sc.

Prof. Dr. Ir. Aminudin Mane Kandari, M.Si selaku Ketua KOMHINDO memberikan arahan tentang perlunya silaturahmi. “Melalui Komhindo, kita bisa saring berkomunikasi satu dengan yang lain dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote,” ujarnya.

Dr. Soni Trison, S.Hut, M.Sc. selaku Wakil Ketua KOMHINDO menyampaikan bahwa seluruh pengurus dan anggota perlu mengawal pengembangan KOMHINDO sebagai organisasi. Untuk itu perlu ada kolaborasi antar Lembaga Perguruan Tinggi dalam kerangka sinergitas dan saling mendukung satu sama lain. Selain itu, dikemukakan bahwa Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuntut institusi untuk lenih fokus, dan professional. “KOMHINDO berperan dalam memfasilitasi implementasi MBKM, termasuk pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi”. Beberapa Perguruan Tinggi sudah melakukan kolaborasi dalam menjalankan MBKM sepertihalnya UNILA, UHO, UNKHAIR, ULM, UNISMUH Makassar, dan lain-lain” ujarnya.

Kegiatan RAKOR ini ditutup dengan sebelumnya dibacakan beberapa kesimpulan oleh moderator yang diantaranya adalah eksistensi KOMHINDO yang merupakan organisasi terbuka yang secara substantif menjiwai dan mengarusutamakan pentingnya kelestarian hutan. Selanjutnya, Dalam menjalankan tupoksi, baik koordinator lembaga maupun Koordinator bidang bersama wakil dan Sekretaris bidang selalu mengedepankan silaturahmi agar yang berat menjadi ringan, dan ringan menjadi tambah ringan dengan motto Komhindo yakni Bersama kita bisa, dari Komhindo untuk semua,” tambahnya.

Kondinator lembaga KOMHINDO Universitas Sebelas Maret (UNS) Rezky Lasekti Wicaksono, S.Hut., M.Sc. menyebutkan bahwa Program Studi Pengelolaan Hutan, Fakultas Pertanian bergabung dalam KOMHINDO dalam rangka membangun jejaring mitra strategis untuk mendukung aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi yang relevan dengan pengelolaan hutan lestari, termasuk secara umum dalam konteks implementasi MBKM dan capaian IKU.