Prodi ITP  Latih UMKM Cara Pengemasan Produk Bakery
Tuesday, 21 June 2022 34 View

Prodi ITP Latih UMKM Cara Pengemasan Produk Bakery

Bakery merupakan produk pangan olahan yang banyak diproduksi oleh kalangan UMKM dimana produk ini mempunyai keterbatasan umur simpan. Sementara itu pada umumnya UMKM dalam menentukan umur simpan produk hanya berdasarkan percobaan sederhana, sehingga dikhawatirkan hasil estimasi yang diperoleh kurang tepat. Padahal umur simpan menjadi salah satu parameter yang harus ada dalam kemasan dan menentukan tingkat keamanan suatu produk pangan.

Fenomena ini menjadi dasar keprihatinan bagi tim pengabdian group Riset Food Engineering Prodi Ilmu Teknologi Pangan FP UNS untuk mengadakan pengabdian masyarakat berupa “Penyuluhan Pengemasan Produk Bakery”. Tim pengabdian kepada masyarakat Prodi Ilmu Teknologi Pangan FP UNS diketuai oleh Dr. Ir. Sigit Prabawa, M.Si. serta beranggotakan Ir. Kawiji, M.P dan Ir. Bambang Sigit Amanto, M.Si. Penyuluhan dilaksanakan pada  27 Mei 2022, bertempat di UMKM Dinawa Kecamatan Plaosan, Magetan yang merupakan salah satu UMKM yang bergerak dalam produksi aneka bakery.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan diikuti dengan antusias oleh pemilik dan karyawan pada UMKM. Adapun materi yang disampaikan meliputi materi terkait label produk pangan yang sesuai dengan regulasi pemerintah serta dilanjutkan dengan praktek dalam penentuan umur simpan. Selanjutnya, dilakukan kunjungan ke tempat produksi untuk melakukan evaluasi bersama-sama terkait keseluruhan rangkaian produksi bakery. Selanjutnya, kegiatan diakhiri dengan pengambilan sampel yang akan dilakukan uji laboratorium untuk membantu UMKM Dinawa dalam menentukan umur simpan, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat berdampak langsung pada perbaikan kemasan dan penentuan umur simpan produk dari UMKM mitra.