Prodi Agroteknologi Gelar Lokakarya demi Tingkatkan Peringkat Agrosains
Thursday, 18 August 2022 567 View

Prodi Agroteknologi Gelar Lokakarya demi Tingkatkan Peringkat Agrosains

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Lokakarya “Peningkatan Manajemen dan Substansi Jurnal Agrosains untuk Meningkatkan Peringkat Akreditasi Sinta” pada Kamis, 18 Agustus 2022 di UNS Inn.

Kegiatan ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. selaku Editor-in-Chief pada jurnal internasional “Bulletin Of Chemical Reaction Engineering & Catalysis” (Scopus and Web of Science indexed) (https://bcrec.id) dan memiliki beberapa pengalaman Editorial International Journal (Peer Reviewer) di beberapa jurnal internasional yang diterbitkan oleh Elsevier, Hindawi, Wiley Interscience, Springer, Taylor & Francis, American Chemical Society, Cell Press, dan lain-lain.

Selain itu Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. juga merupakan dosen di Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro. Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. menyampaikan peningkatan nilai aspek substansi dan manajemen pada akreditasi jurnal berdasarkan pedoman akreditasi jurnal nasional 2022.

“Strategi yang dilakukan diantaranya dengan memaksimalkan potensi editorial board afiliasi asal luar negeri, pengelolaan OJS (Open Journal System) dan mengundang penulis berkualitas”, demikian disampaikan Prof. Istadi.

Pembicara lainnya yaitu Mohtar Yunianto, S.Si, M.Si. dan Akas Anggita, S.P. dari Bidang Akreditasi Nasional Unit Pelaksana Pengembang Jurnal (UPPJ) LPPM UNS.

Acara dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng. Kegiatan dipandu langsung oleh tim pengelola jurnal Agrosains : Jurnal Penelitian Agronomi dengan Editor in Chief Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si., beserta Editorial Board, dengan dukungan Ketua Program Studi Agroteknologi Dr. Ir. Parjanto, M.P.

Pengelola jurnal Agrosains Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si menyampaikan tujuan dilaksanakan lokakarya adalah untuk meningkatkan akreditasi nasional Agrosains : Jurnal Penelitian Agronomi (https://jurnal.uns.ac.id/agrosains) dan reputasi internasional. Dimana Agrosains, Jurnal Penelitian Agronomi saat ini dalam posisi akreditasi Sinta 4.

“Harapannya Agrosains : Jurnal Penelitian Agronomi dapat meraih akreditasi jurnal yang lebih baik dengan meningkatkan aspek substansi dan manajemen jurnal”, demikian pungkas Prof. Endang Yuniastuti

Pada kegiatan ini dilakukan usulan submit akreditasi nasional Agrosains : Jurnal Penelitian Agronomi untuk hasil akreditasi nasional yang lebih baik.

Lokakarya ini dihadiri oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS dan Tim UPPJ LPPM UNS.