PKKMB : FP UNS Bekali Mahasiswa Baru dengan Wawasan Kebangsaan dan Almamater
Monday, 16 August 2021 92 View

PKKMB : FP UNS Bekali Mahasiswa Baru dengan Wawasan Kebangsaan dan Almamater

Fakultas Pertanian UNS memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru angkatan tahun 2021 melalui Program Kenal Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama 3 hari mulai 15, 16 dan 18 Agustus 2021. Sesuai dengan kondisi yang masih dalam keadaan pandemi Covid-19 maka kegiatan dilaksanakan secara virtual. Pada tahun 2021 Fakultas Pertanian menerima 833 mahasiswa yang terdiri dari 123 mahasiswa Prodi Agribisnis; 180 mahasiswa prodi Agroteknologi; 130 mahasiswa prodi Peternakan; 94 mahasiswa prodi PKP; 96 mahasiswa prodi ITP; 82 mahasiswa prodi Pengelolaan Hutan dan 128 mahasiswa prodi Ilmu Tanah.

Pembukaan PKKMB secara simbolis oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, MSi, IPM, Asean Eng dengan pemukulan gong dan sebelumnya telah disampaikan penyampaian selamat datang dan pemaparan mengenai profil fakultas. Sambutan juga disampaikan oleh ketua Keluarga Alumni Fakultas Pertanian UNS (KAFP) Ir. Mugiharjo.

Sesuai dengan tujuan PKKMB yang diinstruksikan oleh Dikti bahwa tujuan umum PKKMB tahun 2021 adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, maka PKKMB Fakultas Pertanian memberikan materi untuk mendukung upaya tersebut dengan memberikan pembekalan mulai dari materi wawasan almamater, soft skill dan tata tertib kehidupan di kampus, materi bidang akademik, materi bidang kemahasiswaan serta pengenalan oleh masing-masing program studi.

Dengan diselenggarakannya PKKMB diharapkan mahasiswa

1. Memahami dan mengenali lingkungan barunya, terutama organisasi dan struktur perguruan tinggi, sistem pembelajaran dan kemahasiswaan;

2. Meningkatnya kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air dalam diri mahasiswa baru;

3. Memahami arti pentingnya pendidikan yang akan ditempuhnya, pendidikan karakter dan pengembangan kompetensi bagi pembangunan bangsa serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari;

4. Terciptanya persababatan dan kekeluargaan antar mabasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan.

 

Link Youtube : download