Perluas Jejaring MB-KM, FP UNS Teken Kerja Sama Dengan FEMA IPB
Thursday, 12 August 2021 89 View

Perluas Jejaring MB-KM, FP UNS Teken Kerja Sama Dengan FEMA IPB

Kamis, 12 Agustus 2021 Fakultas Perrtanian UNS melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Insitut Pertanian Bogor (IPB). Perjanjian kerja sama dilaksanakan secara virtual dan ditandatangani oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng dan Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc selaku Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB.

Perjanjian kerja sama kedua institusi pendidikan tinggi ini merupakan langkah untuk mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM), serta mendorong terjadinya percepatan dan peningkatan perolehan ilmu bagi mahasiswa melalui terselenggaranya pembelajaran yang bersinergi dengan mitra. Kerja sama dua belah pihak ini diharapkan mampu  memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkontribusi ilmu dan gagasan pada institusi mitra sebagai upaya menjadi sumber daya manusia yang unggul, penuh insiatif dan kontributif pada perubahan di masyarakat dan pembangunan pertanian.    

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc menyampaikan pentingnya kolaborasi kerja sama antar peguruan tinggi, “Kolaborasi harus kita tingkatkan, kita mulaii dulu dengan exchange students, pengambilan mata kuliah dan kedepan akan kita perluas dengan kegiatan riset maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat”.

Sementara itu Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng menyambut baik kerja sama implementasi MB-KM dengan FEMA IPB dan beliau menyampaikan rasa syukurnya bisa kerja sama kolaborasi dengan FEMA IPB.

Ruang lingkup dan bentuk kegiatan pembelajaran antara lain pertukaran mahasiswa di Fakultas Pertanian UNS dengan pelaksana adalah program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) dan FEMA IPB dengan pelaksana adalah Departemen Sains dan Pengembangan Masyarakat dan akan dimulai pada awal perkuliahan yaitu Agustus 2021.