Pengukuhan Prof. Eddy Tri Haryanto Sebagai Guru Besar,  Kado Tutup Tahun 2021 bagi FP UNS
Wednesday, 15 December 2021 213 View

Pengukuhan Prof. Eddy Tri Haryanto Sebagai Guru Besar, Kado Tutup Tahun 2021 bagi FP UNS

Pada penghujung tahun 2021, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (FP UNS) menambah  guru besar baru.  Guru Besar tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Eddy Tri Haryanto, MP, pengukuhan dilaksanakan dalam Sidang Terbuka Senat Akademik pada Rabu, 15 Desember 2021 secara  luring dan daring menggunakan platform Zoom dan Youtube UNS.  

Prof. Dr. Ir. Eddy Tri Haryanto, MP merupakan guru besar bidang Ilmu Hortikultura pada Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS. Beliau merupakan guru besar ke-37 pada Fakultas Pertanian dan ke-244 UNS. Dalam Sidang Terbuka Senat Akademik tersebut Prof. Eddy Tri Haryanto membacakan pidato pengukuhan dengan judul “Peran Bahan Tanam Dalam Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Hortikultura”.

Dalam kesempatan penyampaian pidato dalam pengukuhan tersebut Prof. Eddy Tri Haryanto mengemukakan bahwa bahan tanam merupakan sub sistem faktor tanaman dari fungsi produksi tanaman yang sangat penting. Bahan tanam akan menentukan produktivitas dan kualitas hasil hortikultura.

Upaya pemenuhan kebutuhan bahan tanam yang bermutu dapat diwujudkan dengan pengembangan industri perbenihan. Sedangkan aspek yang penting dalam industri perbenihan adalah aspek di bidang pemuliaan tanaman dan aspek pengelolaan benih.

Tujuan utama dari pengembangan industri perbenihan adalah meningkatkan produksi dan penyediaan benih yang bermutu dengan cara mendorong penciptaan varietas-varietas unggul baru.  

Lebih lanjut Prof. Eddy Tri Haryanto menyampaikan, dalam budidaya tanaman hortikultura, pemilihan bahan tanam bermutu menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil hortikultura. Untuk itu, upaya menumbuhkembangkan industri perbenihan nasional perlu perhatian semua pihak,

 

 

 

link Youtube : download