PENGUKUHAN PENGURUS PERHIMPUNAN AGRONOMI INDONESIA KOMISARIAT JAWA TENGAH
Saturday, 31 July 2021 87 View

PENGUKUHAN PENGURUS PERHIMPUNAN AGRONOMI INDONESIA KOMISARIAT JAWA TENGAH

Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI), Sabtu 31 Juli 2021 melangsungkan kegiatan Pelantikan dan Pengukuhan pengurus PERAGI KOMDA Jawa Tengah dan Sulawesi Barat masa bhakti 2021 – 2024 dan dilanjutkan bincang-bincang “Pengembangan Biofarmaka Sebagai Imunomodulator” secara daring dan luring. Kegiatan luring dilaksanakan di Ruang Sidang Gedung B Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret dengan menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19.

Kegiatan luring dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS selaku Ketua Peragi Komda Jawa Tengah, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sebelas Maret) sebagai ketua bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama di PERAGI KOMDA Jawa Tengah. Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN ENG, yang juga selaku Sekretaris Peragi Komda Jawa Tengah. Kegiatan pertama yaitu pelantikan dan pengukuhan pengurus PERAGI Komda Jawa Tengah dan Sulawesi Barat.

Kegiatan diawali dengan sambutan oleh Ketua PERAGI Pusat Prof. Dr. Ir. Andi Muhammad Syakir, MS dan mengukuhkan Prof. Dr. Ir. Bambang Pudjiasmanto, MS sebagai Ketua PERAGI Komisariat Jawa Tengah untuk kedua kalinya , dan melantik Dr. Harli A. Karim, MP sebagai ketua PERAGI Komisariat Sulawesi Barat dilanjutkan dengan melantik dan mengukuhkan seluruh pengurus Pengurus Peragi Komda Jawa Tengah dan Sulawesi Barat.

Prof Bambang Pujiasmanto juga menyampaikan rencana program PERAGI KOMDA Jawa Tengah yaitu sebagai berikut:

  1. Program Menggalang keanggotaan PERAGI dan memperbaiki data base anggota PERAGI dengan kegiatan sosialisasi di berbagai kesempatan pertemuan seperti seminar dan lokakarya
  2. Program Pengabdian Bersama dan Usaha Bersama dengan kegiatan identifikasi hasil penelitian dan pengembangan up to date yang siap diseminasikan ke masyarakat.
  3. Program merancang dan mempublikasikan informasi serta materi terkait agronomi dengan kegiatan menyiapkan materi terkait agronomi secara periodik (isu-isu terkini, anatara Iain terkait hasil penelitian)
  4. Program membuat proposal riset antar dan dalam institusi/ anggota Peragi, serta masyarakat pengguna.
  5. Program seminar internasional dengan kegiatan The 8th International Conference on Sustainable Agriculture and Environment (ICSAE-7) yang akan berlangsung tanggal 15 Agustus 2021.

Kegiatan kedua yaitu bincang bincang dengan tema "Pengembangan Biofarmaka sebagai Imunomodulator" dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Sandra Arifin A., M.S yang merupakan Ahli Biofarmaka IPB dengan tema Peran Biofarmaka dalama penanggulangan Covid, Prof. Dr. Ir. Yuli Widyastuti, M.P yang merupakan senior researcher B2P2T02T dengan tema Pengembangan Tanaman Obat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Prof. Dr. Yuli Witono, S.TP., M.P yang merupakan presiden FANRes dengan topik Tanaman Biduri : Agen aktifproduksi smart flavour yang berpotensi sebagai imunonutrisi, dan Kang Edi yang merupakan owner OMBENANKU dengan Visi My Brand My Future , dan Misi Mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap manfaat kekayaaan nusantara untuk mencapai hidup.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Moderator Dr. Ir. Eddy Triharyanto, M.P (Dosen Pertanian UNS). Setelah pemaparan materi dari moderator, juga disampaikan materi oleh pembahas yaitu Dr. Ir. Djoko Pramono dan Prof. Dr.lr. Bambang Pujiasmanto, MS.

 

Link Youtube : download