Pelatihan Perbaikan Kualitas Bunga Krisan Pot Untuk Meningkatkan Peluang Usaha Kelompok Wanita Tani Sekar Lawu, Pancot Tawangmangu
Wednesday, 23 November 2022 43 View

Pelatihan Perbaikan Kualitas Bunga Krisan Pot Untuk Meningkatkan Peluang Usaha Kelompok Wanita Tani Sekar Lawu, Pancot Tawangmangu

Krisan pot merupakan salah satu komoditas tanaman hias yang masih terus diminati oleh masyarakat, oleh karena keindahan warna maupun keragaman corak bunganya. Budidaya krisan pot merupakan peluang usaha yang menjanjikan dan dapat dilakukan pada lahan yang terbatas di halaman rumah, dengan cara ditanam dalam pot atau polibag berukuran diameter 15-20 cm. Perawakan (habitus) tanaman krisan pot yang pendek dan kompak sangat dimungkinkan dibudidayakan dengan menggunakan sistem rak bertingkat untuk lebih menghemat ruang (space), sehingga budidaya krisan pot dapat  dilakukan di bagian teras rumah, atau bahkan di bagian atap (dak). Krisan tergolong tanaman hari pendek (short day-plant), sehingga untuk membuat tanaman memiliki pertumbuhan dan berbunga serempak harus dilakukan pengaturan pembungaan, baik melalui pembuangan titik tumbuh terminal (pinching), manipulasi penyinaran maupun penggunaan zat pengatur tumbuh.

Kelompok Wanita Tani (KWT) Sekar Lawu yang beralamat di Pancot Lor RT 01 RW 05, Kelurahan Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, merupakan KWT yang sedang merintis usaha salah satunya akan mengembangkan tanaman hias. Lokasi Tawangmangu sangat cocok untuk membudidayakan berbagai tanaman hias, khususnya krisan pot.  Beberapa anggota KWT sudah mencoba membudidayakan tanaman hias krisan pot, sayangnya masih terkendala karena tanaman krisan belum dapat menghasilkan bunga yang berkualitas untuk bisa berkompetisi di pasar.  Berdasarkan kondisi tersebut, maka perlu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada petani melalui pelatihan tentang teknik pengaturan pembungaan pada tanaman krisan pot, yang memiliki karakteristik pembungaaan spesifik dan berbeda dengan tanaman hias tropis pada umumnya.

Kegiatan pengabdian oleh Tim dari Riset Grup (RG) Pemuliaan Tanaman, Fakultas Pertanian dilaksanakan mulai dari bulan Juni sampai dengan Oktober 2022, dengan rangkaian kegiatan mulai dari penyuluhan, pelatihan dan praktik pengaturan pembungaan, kemudian diakhiri dengan evaluasi kegiatan. Melalui kegiatan pelatihan dan praktik langsung memberikan perlakuan penyinaran dan zat pengatur tumbuh, serta merawat maupun memantau pembungaan krisan pot, telah memberikan pengalaman langsung terhadap KWT Sekar Lawu sehingga diharapkan anggota KWT mampu membudidayakan krisan pot dengan hasil bunga yang lebih berkualitas, dan berhasil meraih peluang usaha dalam budidaya tanaman hias yang lebih baik.