Lompatan Kreatif FP UNS 2021, Start Up Hidroponik dan Teaching Factory
Tuesday, 05 October 2021 44 View

Lompatan Kreatif FP UNS 2021, Start Up Hidroponik dan Teaching Factory

Program Inisiasi Kewirausahaan dan Teaching Factory dalam Bidang Pertanian melalui Pengembangan Budidaya Tanaman secara Hidroponik dilaksanakan oleh mahasiswa S1 Program Studi Agroteknologi dan bekerjasama dengan Program Studi S1 Agribisnis dalam pemasaran produk. Pelaksanaan kegiatan meliputi pelatihan mahasiswa dalam pembuatan instalasi hidroponik, proses budidaya, pembuatan IOT untuk hidroponik dan pemasaran hasil hidroponik. Selain itu, dalam kegiatan ini juga melibatkan mitra dari industri yaitu PT. Kediri Lebih Makmur (KLM) Hidroponik.

Kegiatan serah terima instalasi hidroponik dan penanaman perdana hidroponik pagi hari ini dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P, M.Si., IPM., ASEAN. Eng. dan dihadiri Wadek 1 FP UNS (Dr. Ir. Eka Handayanta, M.P.); Wadek 2  FP UNS (Prof. Dr. Ir. Sudadi, M.P.), Wadek 3 FP UNS (Dr. Agung Wibowo, S.P., M.Si), ketua pelaksana kegiatan lompatan kreatif  “Start Up Hidroponik dan Teaching Factory” (Dr. Ir. Eddy Tri Haryanto) serta beberapa dosen Fakultas Pertanian UNS (Dr. Muji Rahayu, S.P., M.P.; Amalia Nadifta Ulfa, S.P., M.Sc.; Gani Cahyo H, S.P., M.Si; Prof. Dr. Endang Siti Rahayu, MS; Dr. Ir. Endang Setia Muliawati, M.Si.; Dr. Ir. Retno Wijayanti, M.Si.), Kaprodi S1 Agroteknologi (Dr. Ir. Parjanto, M.P), Kaprodi S1 Agribsinis (Dr. Ir. Sri Marwanti, M.S.),  Perwakilan dari PT Kediri Lebih Makmur (Bapak Imam Wihdan Zarkasyi, S.P., M.M.dan Tim) serta Tim IOT SMK Al Mahrusiyah Lirboyo. Setelah acara serah terima instalasi hidroponik, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman sayuran di instalasi hidroponik oleh semua tamu undangan.

Dr. Muji Rahayu, SP, MP anggota Tim Lompatan Kreatif mengemukakan bahwa   Program Inisiasi Kewirausahaan dan Teaching Factory dalam Bidang Pertanian melalui Pengembangan Budidaya Tanaman secara Hidroponik bertujuan untuk memberikan bekal ketrampilan hidroponik mulai dari perakitan instalasi, budidaya tanaman secara hidroponik sampai dengan pemasaran produk hidroponik kepada mahasiswa.

”Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mendukung jumlah mahasiswa yang berwirausaha, meningkatkan persentase lulusan S1 yang menghabiskan paling tidak 20 sks di luar kampus serta dapat digunakan sebagai wahana pembelajaran dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project)”.

“Melalui program ini diharapkan juga dapat menghasilkan wirausaha bidang pertanian bagi mahasiswa setelah lulus”.