Lolos Seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Ditjen Dikti,  Prodi Agroteknologi Sosialisasikan Program Kepada Mahasiswa
Friday, 06 August 2021 194 View

Lolos Seleksi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Ditjen Dikti, Prodi Agroteknologi Sosialisasikan Program Kepada Mahasiswa

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti, Kemendikbudristek) menyalurkan bantuan pendanaan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) sebesar Rp.415 miliar untuk 142 perguruan tinggi. Penyaluran bantuan diresmikan dengan penandatanganan kontrak bantuan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) adalah akselerasi Kampus Merdeka untuk mendorong transformasi dan inovasi perguruan tinggi pada basis program studi. Supaya, pembelajaran Kampus Merdeka dapat terlaksana sesuai harapan. Program PKKM ini juga diharapkan dapat dapat membantu perguruan tinggi mempercepat berbagai transformasi dan inovasi dalam mendukung implementasi Kampus Merdeka dan tercapainya delapan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi.

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Paristiyanti Nurwardani mengatakan bahwa terdapat 291 perguruan tinggi yang dapat memenuhi syarat untuk mengikuti PKKM, namun setelah diseleksi lebih lanjut, terdapat 142 perguruan tinggi yang lulus hingga tahap akhir dan mendapatkan bantuan. 

Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapat hibah PKKM tersebut, dari kurang lebih 100 PS di UNS, hanya 3 PS yang lolos dalam pendanaan yaitu PS Agroteknologi, PS, Teknik Mesin, dan PS Manajemen.

 

Program Studi Agroteknologi melaksanakan kegiatan PKKM dengan 4 Program yaitu Program 1: Kolaborasi Nasional dan Internasional, Program 2: Magang di Perkebunan, Program 3: Wirausaha dan Program 4: Experimental Learning Agribisnis Cabai dan Padi Rojolele.

Pada hari ini jumat 6 agustus 2021 pukul 13.00 WIB dilaksanakan sosialisasi program Kolaborasi Nasional dan Internasional yang terdiri dari Kuliah Tamu dan Pelatihan Bioteknologi.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan secara tatap maya yang dihadiri oleh kaprodi Agroteknologi (Dr. Ir. Parjanto, M.P.) dan telah memberikan sambutan serta membuka acara, Koordinator Program PKKM PS Agroteknologi (Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si), Dr. Ir. Amalia Tetrani Sakya, M.P.,MPhil selaku Koordinator Program Kolaborasi Nasional dan Internasional dan Dosen PS Agroteknologi serta mahasiswa sekitar 227 dari prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian serta mahasiswa dari prodi lain di lingkungan Fakultas Pertanian dan Universitas.

Aktivitas pada Program Kolaborasi Nasional dan Internasional meliputi Kuliah Tamu dan Pelatihan Bioteknologi, yang akan dilakukan bekerjasama dengan mitra dari Lembaga penelitian ataupun Perguruan Tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Mitra tersebut antara lain: Lousiana State University Amerika Serikat, IRRI Philiphine, BB Biogen, Balai Besar Bioteknologi dan Pemulian Tanaman Hutan Yogyakarta, Balai Peramalan Organisme Penganggu Tanaman dan Pusat Bioteknologi di Universitas Gadjah Mada.

Berikut jadwal pelaksanaan kegiatan Program Kolaborasi Nasional dan Internasional:

NO.

Minggu /Bulan

ACARA

PESERTA

 1

Minggu I Agustus

Sosialisasi PKKM PSA1

Mahasiswa

2

Mg I-II  Agustus

Seleksi Mahasiswa Pelatihan Biotek

Mahasiswa

3

Mg II-III Agustus

Kuliah Tamu LN (Prof Herry/ Dr. Inez

Mahasiswa Dosen

4

Mg I-II September

Kuliah Tamu DN (Dr. Atmitri)

Mahasiswa Dosen

5

Mg III-IV September

Kuliah Tamu LN Kuliah Tamu LN (Prof Herry/ Dr. Inez

Mahasiswa Dosen dan mahasiswa peserta pelatihan

6

Mg III September

Pelatihan dosen di mitra 

Dosen peserta pelatihan

7

Mg III-IV September

Pelatihan mahasiswa di mitra (fleksibel waktu sampai 2 minggu )

Mahasiswa peserta Pelatihan

8

Mg I Oktober

Evaluasi kegiatan

PIC