Kuliah Umum Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian
Wednesday, 31 August 2022 568 View

Kuliah Umum Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian

Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi yang diutamakan untuk sistem pengelolaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau disebut Institutional Support System (ISS) - MBKM. Program ini secara khusus ditujukan untuk memperkuat tata kelola MBKM dan memfasilitasi implementasi kampus merdeka untuk mendukung transformasi pendidikan tinggi yang dilaksanakan di seluruh program studi.

Program Studi meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi dan meningkatkan kerjasama dengan DUDI dan top world class universities dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UNS merupakan salah satu program studi di UNS yang mendapatkan hibah PK-KM yang merupakan lanjutan dari tahun 2021. Kegiatan kuliah tamu dengan tema “ Aplikasi Bioteknologi di Bidang Pertanian” dengan narasumber Dr. Atmitri Sishamini, S.Si.,M.Si (Peneliti Pusat Riset Tanaman Pangan, Badan Riset dan Inovasi Nasiona)  Rabu, 31 Agustus 2022 pukul 08.30- selesai.

Dekan fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir.  Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng, juga turut hadir dalam acara kuliah tamu ini untuk memberikan sambutan dan membuka acara. Selain itu Kaprodi Agroteknologi Dr. Parjanto dan ketua PK-KM Agroteknologi Prof. Endang Yuniastuti juga hadir untuk memberikan sambutan.

Kuliah tamu diikuti sekitar 200 mahasiswa yang berasal dari program studi Agroteknologi ataupun program studi lainnya, serta dosen program studi Agroteknologi.  Antusisas peserta kuliah sangat tinggi dengan adanya banyak diskusi sehingga menjadikan kuliah menjadi lebih aktif.

Dr. Atmitri dalam paparannya menjelaskan bahwa tantangan ketahanan pangan yang disebabkan beberapa factor seperti pertumbuhan penduduk, harga pangan, hilangnya spesies tanaman, dampak perubahan iklim dll harus segera diatasi.

“Salah satu strateginya yaitu dengan perbaikan kualitas pangan dengan cara pemuliaan tanaman”.

Beliau juga menjelaskan terkait peran bioteknologi dengan beberapa teknik seperti rekayasa genetika, pemuliaan tanaman modern dan genom editing dapat digunakan untuk perbaikan kualitas pangan yang aman.

“Teknik tersebut dapat dilakukan pada produk pertanian seperti tanaman pangan dan dan hortikultura”.  

“Beberapa yang sudah dikembangkan seperti tanaman padi efisien nitrogen, kentang PRG Bio Granola Agrihorti, cabai tahan geminivirus dll. Hal ini cukup menarik untuk dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pangan dan mendukung ketahanan pangan”.

Pada akhir sesi dan sebagai bentuk apresiasi untuk narasumber diberikan sertifikat yang diserahkan oleh PIC PKKM Kegiatan 1 (Kolaborasi Nasional dan Internasional) yaitu Dr. Amalia Tetrani Sakya. Yang kemudian dilanjutkan penutupan dengan foto Bersama.

link Youtube : download