Gelar Workshop AJPI Usung Visi Jadikan Jurnal Pertanian Indonesia yang Bereputasi Nasional dan Internasional
Wednesday, 03 August 2022 35 View

Gelar Workshop AJPI Usung Visi Jadikan Jurnal Pertanian Indonesia yang Bereputasi Nasional dan Internasional

Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) melaksanakan Workshop Pengurus Asosiasi Jurnal Pertanian Indonesia (AJPI) pada Selasa-Rabu, 2-3 Agustus 2022 di Ruang Madukara, UNS Inn, Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. Acara ini bertujuan untuk mewujudkan visi AJPI sebagai organisasi yang berkontribusi nyata untuk terwujudnya Jurnal Pertanian Indonesia yang bereputasi nasional dan internasional.

Dr. Ir. Mujiyo, M.P. selaku Ketua Panitia Workshop Pengurus AJPI dan Kepala Bidang Indeksasi Internasional mengemukakan bahwa workshop ini bertujuan untuk melakukan penyusunan dan finalisasi rencana kerja tahunan per bidang AJPI yaitu Bidang Pimpinan dan Kesekretariatan, Bidang OJS (Open Journal System) dan IT (Information and Technology), Bidang Akreditasi Nasional dan Bidang Indeksasi Internasional.

Antusiasme peserta sangat tinggi, terlihat dari kehadiran pengurus AJPI dari seluruh Indonesia sejumlah 25 orang, diantaranya Universitas Brawijaya, Universitas Sumatera Utara, Universitas Hasanuddin, Universitas Nusa Cendana, Universitas Mulawarman, Universitas Lampung, dll.

“AJPI selaku organisasi jurnal pertanian berperan menjadi media sarana komunikasi dan pendampingan antar pengelola jurnal pertanian Indonesia. Diharapkan jurnal pertanian dapat saling mendukung antar jurnal untuk meningkatkan akreditasi nasional dan indeksasi internasional”.

“Indeksasi internasional diantaranya DOAJ, CABI, EBSCO, Proquest, WoS dan Scopus”, demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Kuswanto, M.S. selaku Ketua AJPI.

Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si., IPM, ASEAN Eng selaku Dekan Fakultas Pertanian UNS yang turut hadir mengutarakan bahwa ada 10 jurnal di Fakultas Pertanian UNS yang sudah terakreditasi nasional dari SINTA 1 sampai dengan SINTA 5, 1 jurnal telah terindeks internasional Scopus yaitu SAINS TANAH - Journal of Soil Science and Agroclimatology dan 1 jurnal sedang dalam proses terindeks internasional Scopus yaitu Caraka Tani: Journal of Sustainable Agriculture. Hal ini turut menyumbang keberadaan jurnal terindeks internasional di UNS.

Acara workshop Pengurus AJPI ini selanjutnya dibuka oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H, M.Hum selaku Rektor Universitas Sebelas Maret. Dalam sambutannya, Rektor UNS mengarahkan dan menyambut baik kegiatan peningkatan reputasi jurnal secara internasional.

“Jurnal di UNS bertotal 74, dengan rincian yang sudah terakreditasi nasional SINTA sejumlah 63 dan terindeks internasional Scopus sejumlah 3 jurnal, masing-masing dari Fakultas Pertanian (SAINS TANAH - Journal of Soil Science and Agroclimatology), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Biodiversitas Journal of Biological Diversity) dan Fakutas Hukum (BESTUUR)”.  

“Keberadaan jurnal diharapkan dapat menyumbang ilmu dan pengetahuan khususnya bidang Pertanian dan diharapkan dapat mendorong jurnal lain untuk turut mengikuti indeksasi internasional”, demikian disampaikan Rektor dalam sambutan pembukan AJPI.