FP UNS Tanda Tangani Kerja Sama Dengan Entitas Pengelola Bank Sampah se-Kecamatan Jebres
Wednesday, 21 September 2022 48 View

FP UNS Tanda Tangani Kerja Sama Dengan Entitas Pengelola Bank Sampah se-Kecamatan Jebres

Fakultas Pertanian UNS menggandeng entitas pengelola bank sampah di wilayah kecamatan Jebres Surakarta serta tokoh masyarakat di wilayah Jebres mengadakan Focus Group Discussion (FGD) membahas mengenai pengembangan potensi bersama termasuk didalamnya adalah sosialisasi tentang pengelolaan sampah melalui bank sampah yang berada di UNS, Selasa 20 September 2022.

Hadir dalam FGD ini Camat Jebres, Ari Dwi Daryatmo, S.STP, MM, para Lurah di wilayah Kecamatan Jebres, para Kepala Seksi Pembangunan dan Lingkungan Hidup di setiap kelurahan dan para Ketua Bank Sampah di setiap kelurahan. Sedangkan dari internal FP UNS hadir Dekan Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng serta para wakil dekan dan Tim Pengelola Bank Sampah UNS serta dari perwakilan PT. Pegadian.

 

Selain sosialisasi pengelolaan sampah melalui Bank Sampah yang berada di UNS juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Fakultas Pertanian UNS dengan Kecamatan Jebres, Fakultas Pertanian UNS dengan Lurah se-wilayah kecamatan Jebres dan Fakultas Pertanian UNS dengan pengelola bank sampah yang berada di setiap kelurahan se-wilayah kecamatan Jebres.    

 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng berharap dengan pengembangan potensi bersama utamanya pengelolaan sampah melalui bank sampah UNS,  sehingga peran dan manfaat keberadaan perguruan tinggi UNS ditengah-tengah masyarakat dapat dirasakan lebih nyata.

Lebih lanjut Prof. Samanhudi mengatakan dengan kehadiran bank sampah UNS dapat mengatasi masalah sampah tanpa sampah dan menjadikan lingkungan yang lebih bersih.

“Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan pemanfaatan sampah ini dan kalau boleh meminjam istilah mengatasi masalah tanpa masalah bisa saja mengatasi sampah tanpa sampah sehingga betul-betul bisa menjadikan lingkungan yang clean bersih dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang sebesar-besarnya”.

Camat Jebres Ary Dwi Daryatmo, S.STP, MM menyambut baik dan mengapresiasi kerja sama dengan Fakultas Pertanian UNS tentang pengembangan potensi dan pengelolaan sampah melalui bank sampah UNS.

“Ini merupakan sesuatu hal yang sangat kita inginkan, dalam artian kita berada dalam wilayah kelurahan dengan UNS, dengan adanya kegiatan seperti ini berarti adanya perhatian. Nantinya ada kegiatan-kegiatan dan bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat kecamatan Jebres".

Mengakhiri acara dilakukan sosialisasi oleh perwakilan dari PT. Pegadaian dengan mengangkat tema Memilah Sampah Menabung Emas, yang merupakan program dari PT. Pegadaian dalam rangka PT. Pegadaian Bersih-Bersih.