FP UNS Selenggarakan Lokakarya Nasional dan Kongres II Perkumpulan Agroteknologi Indonesia (PAGI)
Friday, 20 May 2022 69 View

FP UNS Selenggarakan Lokakarya Nasional dan Kongres II Perkumpulan Agroteknologi Indonesia (PAGI)

Kamis, 19 Mei 2022 bertempat di Ruang Sidang II Lantai 2 Gedung dr Prakoso UNS telah berlangsung Lokakarya, dan Kongres II Perkumpulan Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia (PAGI) dengan tema “Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Program Studi Agroteknologi”. Kegiatan ini merupakan bagian rangkaian kegiatan Seminar Nasional dan Praloknas Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) yang dilaksanakan di hari yang sama oleh penyelenggara Fakultas Pertanian UNS dalam rangka Dies Natalis UNS.

Sebagai pembicara Lokakarya hadir Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. (Tim Ahli Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti), Dr. Ir. Priyo Cahyono (Kepala Bagian Agronomi Research dan Development PT. Great Giant Pineapple), Dr. agr. Nunun Barunawati, S.P., M.P. (Kepala Program Studi Agroteknologi Departemen Agronomi Universitas Brawijaya) dan Dr. Ir. Parjanto, M.P., (Kepala Program Studi Agroteknologi Universitas Sebelas Maret).

Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Si. selaku Sekretaris Jenderal PAGI dalam sambutan menyebutkan bahwa implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk kolaboratif, partisipatif, dan kerjasama akan menghasilkan suatu produk yang memenuhi kebutuhan masyarakat. PAGI berperan untuk persamaan persepsi aplikasi MBKM bagi semua pengelola Program Studi Sarjana maupun Magister Agroteknologi/Agroekoteknologi di Perguruan Tinggi di Seluruh Indonesia.

PAGI hadir menjawab tantangan Program Studi Agroteknologi/Agroekoteknologi menuju internasionalisasi. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai perwakilan perguruan tinggi seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Bengkulu, Universitas Siliwangi, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Hasanuddin, dll.

Pembicara Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T. menuturkan bahwa kebijakan kampus merdeka: pengembangan kurikulum yang dibuat harus adaptif, kolaboratif, dan inovatif. Kualitas lulusan : presentase lulusan yang berhasil mendapatkan pekerjaan yang layak, studi lanjut, akan menjadi wiraswasta dengan pendapatan cukup; presentase yang menghabiskan paling sedikit 20 sks di luar kampus.

Pembicara asal pengguna alumni, Dr. Ir. Priyo Cahyono, menyampaikan bahwa PT. Great Giant Pineapple mendukung adanya relevansi bidang bidang agroteknologi dan agribisnis dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. magang MBKM dibuka di Great Giant Foods dengan sejumlah posisi yang bisa diisi mahasiswa.

Akses program MBKM untuk mahasiswa Program Studi Agroteknologi UNS yaitu program MBKM Dikti dan Dunia Usaha dan Dunia Industri seperti pertukaran pelajaran, magang bersetifikat, program MBKM UNS (KKN membangun desa, KKN tematik, pengembangan KWU), Program Studi Agroteknologi UNS (pengembangan teaching factory melalui experiental learning produksi padi rojo lele di Desa Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, budidaya hortikultura di Desa Cabeyan, Sukoharjo, dan smart hydroponic) yang direkognisi 20 sks, ujar  Dr. Ir. Parjanto, M.P. selaku Kepala Program Studi Agroteknologi UNS. Hal ini didukung oleh Dr. agr. Nunun Barunawati, S.P., M.P. selaku Kepala Program Studi Agroteknologi Universitas Brawijaya, karena untuk menghadapi globalisasi dan internasionalisasi, kemampuan mahasiswa tidak cukup satu, harus didukung dengan kemampuan lain, misal kemampuan bahasa asing.

Setelah pelaksanaan Lokakarya, diselenggarakan Kongres II PAGI oleh penasehat, pengurus dan anggota PAGI.dengan pemaparan laporan kerja dan rencana program kerja.

link youtube : download