FP UNS Selenggarakan FGD Pengembangan Jejaring Kerjasama Bisnis dengan Mitra dan Alumni se-Jabodetabek
Sunday, 09 October 2022 153 View

FP UNS Selenggarakan FGD Pengembangan Jejaring Kerjasama Bisnis dengan Mitra dan Alumni se-Jabodetabek

Desain kurikulum kampus merdeka banyak melibatkan kegiatan dosen dan mahasiswa di luar kampus, sehingga kerjasama dengan mitra secara intensif menjadi keharusan. Untuk itu, perlu adanya perencanaan yang tepat terkait jumlah dan kriteria mitra kerjasama. Selanjutnya perlu dirumuskan aturan yang jelas (SOP) sehingga kerjasama tersebut menguntungkan ke dua belah pihak dari output dan outcome yang dihasilkan.

Demkian antara lain hal yang melatarbelakangi penyelenggaraan Focus Group Discusion (FGD) Pengembangan Jejaring Kerjasama Bisnis dengan Mitra dan Alumni yang dilaksanaan Jum’at, 7 Oktober 2022 di salah satu hotel yang berada di wilayah Jakarta Selatan. Hadir dalam FGD tersebut adalah para alumni dan mitra yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, sedangkan dari internal FP UNS hadir antara lain Dekan Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng  dan para Wakil Dekan, Kepala Program Studi S1, S2 dan S3 serta unit pedukung yang ada di FP UNS.

Dr. Agung Wibowo, SP, M.Si sebagai penanggungjawab kegiatan dan juga merupakan Wakil Dekan bidang Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FP UNS menyampaikan tujuan pelaksanaan FGD adalah dalam rangka implementasi Kampus Merdeka dan upaya pemenuhan dan pencapaian Indikator KInerja Utama (IKU).

Selanjutnya Dr. Agung Wibowo mengajak para alumni untuk ikut berpartisipasi dan berkonstribusi dalam pengembangan institusi.  

“Kaitannya dengan alumni, di dalam borang ada di sana dan kita harus dapat membuktikan bagaimana konstribusi alumni untuk pengembangan institusi”, dicontohkan konstribusi yang telah di terima FP UNS adalah berupa beberapa Gazebo yang merupakan sumbangan dari alumni.

Mengakhiri sambutannya Dr. Agung Wibowo juga mengajak alumni untuk bersinergi memberikan informasi mengenai dunia bisnis sehingga informasi yang ada akan diteruskan kepada mahasiswa dan memotivasi mahasiswa untuk terjun ke dunia bisnis.

Sambutan positif  disampaikan Ir. Mardiyono perwakilan alumni yang hadir dalam acara tersebut. Ir. Mardiyono menyampaikan pentingnya FP UNS memiliki jurnal bertaraf internasional dan memiliki jejaring/partnership.

“Jejaring atau partnership yang jangan hanya dipakai pribadi bukan fakultasnya,  kalau sekarang menggunakan nama fakultas bagus, jadi nanti ada legal aspeknya pakai MoU dan lain-lain”.

“Saya kira itu perlu kita mulai, dan yang malam ini kita utarakan pasti harus ditindak lanjuti”.

Ir. Mardiyono juga berharap kedepannya dalam rangka implementasi Kampus Merdeka dan pencapaian IKU,   FP UNS bisa memberikan  kesempatan untuk para praktisi mengajar di kampus, bukan hanya pada kuliah umum tapi kuliah di kelas-kelas.