FP UNS Hadirkan Mentan dan Menparekraf dalam Seminar Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif
Thursday, 19 May 2022 173 View

FP UNS Hadirkan Mentan dan Menparekraf dalam Seminar Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Dalam ikut memeriahkan  Dies Natalis Ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS), Fakultas Pertanian UNS menyelenggarakan Seminar Nasional yang dilakukan secara daring pada hari Kamis, 19 Mei 2022 dengan tema “Digitalisasi Pertanian Menuju Kebangkitan Ekonomi Kreatif”.

Kegiatan seminar dibuka oleh Rektor UNS Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.H. dimana dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa sektor pertanian dan ekonomi kreatif menunjukkan kemampuan sebagai motor percepatan pemulihan ekonomi ditengah kondisi pandemic Covid-19 melalui inovasi dan kreativitas untuk mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif Indonesia yang sangat kaya akan ragam budaya, olahan hasil pertanian, maupun keindahan alam pedesaaan yang sangat menarik di sektor pariwisata. Untuk terus menumbuhkembangkan kedua sektor tersebut, pemerintah melalui kebijakan pembangunan pertanian yang maju, mandiri, dan modern serta kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif yang maju, berdaya saing, berkelanjutan, dan mengedepankan kearifan lokal, maka sudah selayaknya Universitas Sebelas Maret sebagai lembaga perguruan tinggi turut andil dalam menciptakan inovasi dan teknolohi serta mempersiapkan sumber daya manusia yang terampil, inovatif, dan kreatif. Seminar nasional ini merupakan kegiatan yang sangat penting sebagai forum untuk menampung aspirasi didalam perumusan kebijakan khususnya sektor pertanian dan ekonomi kreatif yang maju, mandiri, modern, berdaya saing, dan berkelanjutan tidak lepas sinergitas pemerintah, perguruan tinggi, industry/praktisi dan masyarakat.

Ketua Dies Natalis di Fakultas Pertanian, Dr. Muji Rahayu, S.P., M.P. mengatakan bahwa acara seminar nasional ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian UNS untuk menyambut Dies Natalis UNS ke-46. Selain acara seminar nasional, serangkaian acara yang dilakukan pada hari Kamis, 19 Mei 2022 antara lain peluncuran Mars Fakultas Pertanian UNS, Launching Buku Pemikiran Guru Besar UNS, Pra-Loknas FKPTPI, Lokakarya Nasional dan Kongres II PAGI. Seminar nasional ini oleh ratusan peserta dengan 131 peserta yang bertindak sebagai pemakalah, 103 peserta FKPTPI, 75 peserta PAGI, dan 195 peserta semnas.

Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M,Si., IPM, ASEAN Eng., Dekan Fakultas Pertanian UNS mengatakan bahwa acara seminar nasional yang dilaksanakan secara daring ini memiliki tujuan antara lain menjadi sarana diseminasi hasil riset dan kegiatan pengabdian masyarakat bagi dosen dan para peneliti dibidang pertanian, menjadi wadah bagi akademisi dan ilmuwan dalam mengembangkan jejaring kemitraan dan riset, serta menjadi wadah komunikasi anggota forum komunikasi perguruan tinggi pertanian Indonesia.

Kegiatan seminar nasional ini dibagi menjadi 2 sesi acara. Sesi pertama yaitu seminar Nasional yang menghadirkan 2 keynote speaker yaitu Prof. Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.H., M.Si., M.H Menteri Pertanian Republik Indonesia, dan Dr. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dan 4 Narasumber yaitu Bapak Nugroho Joko Prastowo (Kepala Perwakilan BI Solo), Ir. Triono Hardyanto (Direktur Produksi PT Bisi Internasional Tbk), Bapak Atma Mahatma (Pemilik Mahaloka Paradise Nanggunalan dan Mahacreative), dan Prof. Eddy Triharyanto (Akademisi Fakultas Pertanian UNS). Sesi kedua seminar nasional ini adalah sesi presentasi dari para pemakalah yang terbagi ke dalam 11 sub tema yaitu sumber daya lahan dan air, sumber daya manusia dan kelembagaan, sumberdaya peternakan, sosial ekonomi pertanian, keamanan dan ketahanan pangan, teknologi produksi tanaman dan pasca panen, pengelolaan organisme pengganggu tanaman, sumber daya hutan dan agro-ecotourism, bioteknologi pertanian, program kemitraan masyarakat dan CSR, serta ekonomi kreatif dan pemberdayaan UMKM bidang pertanian.

Berita serupa juga di muat di Solopos : download 

link youtube :download