FP UNS Bekerjasama dengan PVTPP Selenggarakan Kuliah Umum Perlindungan Varietas Tanaman
Wednesday, 27 April 2022 39 View

FP UNS Bekerjasama dengan PVTPP Selenggarakan Kuliah Umum Perlindungan Varietas Tanaman

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret bekerjasama dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) menyelenggarakan Kuliah Umum Perlindungan Varietas Tanaman (PVT) pada Kamis, 21 April 2022. Kuliah umum ini diselenggarakan daring Zoom dan wajib diikuti bagi mahasiswa mata kuliah Pemuliaan Tanaman. Opening Speech disampaikan oleh Dr. Ir. Sudi Mardianto, M.Si. (Plt. Kepala Pusat PVTPP) dan Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng. (Dekan Fakultas Pertanian UNS). Adapun MC yaitu Elfadhila Rahma, S.P., M.P. (Pemeriksa PVT) dan Moderator Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si. (Dosen Fakultas Pertanian UNS).

Kuliah umum menghaadirkan 2 orang narasumber Pemeriksa PVT yaitu Lia Amalia, S.P., M.P. dan Nurul Istiqomah, S.P. Narasumber pertama yaitu Lia Amalia, S.P., M.P. menyampaikan materi mengenai pengenalan perlindungan varietas tanaman. Dalam kuliah umum ini disampaikan mengenai apa itu perlindungan varietas tanaman yang menjadi bagian dari kekayaan intelektual. PVT menjadi penting karena menjadi ratifikasi perjanjian perdagangan dunia, proses kegiatan pemuliaan tanaman memerlukan waktu lama dan biaya yang besar, kegiatan pemuliaan tanaman memerlukan kreatifitas, intelektual dan IPTEK, materi/bahan perbanyakan varietas tanaman mudah diperbanyak/digandakan terutama vegetatif, persaingan bisnis tidak fair serta investasi perlu aman dan menguntungkan.

Narasumber kedua Nurul Istiqomah, S.P. menyampaikan materi mengenai prosedur permohonan hak PVT, Pemeriksaan Substantif/Uji BUSS (Baru, Unik, Seragam, dan Stabil) dan teknik pengambilan foto uji BUSS. Alur permohonan disampaikan dengan mengisi formulir online dan pemeriksaan substantif/uji BUSS guna memeriksa varietas tanaman yang dimohonkan hak PVT. Pemeriksaan ini menunjukkan kondisi pertumbuhan sesuai ketentuan uji BUSS dan adanya keunikan, keseragaman dan kestabilan menyakinkan atau tidak.