FP Seminar dan Sosialisasikan Memilah Sampah Menabung Emas
Monday, 05 July 2021 55 View

FP Seminar dan Sosialisasikan Memilah Sampah Menabung Emas

Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Senin 5 Juli 2021 menggelar webinar dengan tajuk “Pengelolaan Sampah dan Sosialisasi Lomba Memilah Sampah Menabung Emas”. Webinar menghadirkan narasumber Yudhi Tri Apriyanto (PT. Pegadaian persero area Surakarta) dan Prof. Dr. Ir. MMA Retno Rosariastuti, MS (Koordnator Green Campus FP UNS serta Pengelola Bank Sampah UNS).

Webinar dibuka oleh Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Logistik FP UNS, Prof. Dr. Ir. Sudadi, MP. Dalam sambutannya Prof. Sudadi mengemukakan program Memilah Sampah Menabung Emas dari PT. Pegadaian yang bermitra dengan UNS dengan mendirikan Bank Sampah di FP UNS akan sangat bermanfaat.   Dengan program dan gerakan pengelolaan sampah melalui Bank Sampah, selain menabung sampah dan menghasilkan uang, tapi yang terpenting adalah dapat menurunkan habit kita kepada anak cucu agar terbiasa menerapkan habit membuang sampah pada tempatnya.

Yudhi Tri Aprianto dari PT. Pegadaian area Surakarta dalam paparannya menyampaikan tentang program  Bank Sampah, “The Gade Clean & Gold”. Hal tersebut merupakan program dari PT. Pegadaian dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengkapitalisasi sampah menjadi tabungan emas. Program ini merupakan program bersih-bersih Pegadaian yang mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam memilah sampah untuk dikonversi menjadi tabungan emas Pegadaian. Kegiatan memilah sampah ini dinyatakan dapat menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam mengurangi volume sampah rumah tangga dan mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan, sekaligus sebagai upaya meningkatkan sumber penghidupan warga sekitar dari pemanfaatan kembali sampah.  

Dalam kesempatan tersebut Yudhi juga menyampaikan bahwa UNS merupakan satu-satunya mitra dari unsur PTN dalam program pengelolaan sampah melalui bank Sampah. Yudhi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada UNS yang telah ikut mengedukasi kepada masyarakat khususnya sivitas akademika agar peduli terhadap lingkungan dengan memilah sampah menabung emas dengan mendirikan Bank Sampah yang berlokasi di FP UNS.    

Selanjutnya Prof. Dr. Ir. MMA Retno Rosariastuti, MS, memberikan materi sosialisasi lomba “Memilah Sampah Menabung Emas (MSME)” yang akan dilaksanakan  mulai tanggal 3 s/d 24 Juli 2021 di Bank Sampah FP UNS dan  dapat diikuti oleh nasabah dengan melakukan pendaftaran via link : https://bit.ly/PendaftaranTabunganEmas, dengan melampirkan foto copy KTP dan bukti transfer (biaya pendaftaran sebesar Rp. 35.000).