FKPTPI Bahas Pentingnya LAM PTIP Demi Menjamin  Mutu Pendidikan Pertanian
Sunday, 22 May 2022 73 View

FKPTPI Bahas Pentingnya LAM PTIP Demi Menjamin Mutu Pendidikan Pertanian

Kamis, 19 Mei 2022 bertempat di ruang Indraprasta UNS INN, Fakultas Pertanian UNS bekerja sama dengan Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) menyelenggarakan Pra Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Pertanian Indonesia (FKPTPI) secara luring dan daring via zoom meeting.

Pra Lokakarya Nasional Pra Lokakarya Nasional di awali dengan pembahasan LAM Pertanian. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng., selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa forum ini penting untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kemajuan perguruan tinggi pertanian di Indonesia. Sudah sangat lama tidak dapat berkumpul untuk melakukan berbagai kegiatan karena pandemi. Sehingga momen yang berharga ini untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Agenda Pra Lokakarya Nasional adalah pembahasan LAM Pertanian oleh Tim LAM yang dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S., selaku ketua tim penyusun LAM Pertanian. Beliau menyatakan bahwa pembentukan LAM Perguruan Tinggi Ilmu-Ilmu Pertanian (LAM-PTIP) dirasa perlu untuk dilaksanakan. Tujuan dari LAM-PTIP sendiri antara lain menjadi Lembaga akreditasi mandiri professional dalam membantu dalam membantu pemerintah menjamin mutu proses Pendidikan tinggi dalam bidang ilmu-ilmu pertanian dan lulusan yang kompeten dan berkualitas tinggi, menjadi Lembaga akreditasi mandiri bidang pertanian yang akuntabel dan terpercaya oleh semua para pemangku kepentingan pertanian dan mendapat pengakuan nasional maupun internasional terhadap akreditasi LAM-PTIP melalui kerja sama dengan Lembaga akreditasi internasional bidang pertanian atau sebidang. Hal-hal penting lain yang beliau sampaikan antara lain Peta Jalan Pembentukan, Sistem Tata Kelola, Ruang Lingkup dan Pendanaan. Pada akhir penyampaian beliau mengatakan bahwa makna keseluruhan dari LAM-PTIP yaitu komitmen menjaga kualitas Pendidikan dan pengembangan ilmu dan teknologi  yang berbasis sumber daya hayati meliputi ilmu pertanian dalam arti luas (agrokompleks).

Selanjutnya dilanjutkan sesi diskusi yang membahas tentang LAM-PTIP oleh rof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, M,S. IPU ASEAN Eng., selaku ketua asosiasi Peternakan. Pembahasan untuk membedakan batas-batas keteknikan bidang pertanian dan keteknikan di luar bidang pertanian. Ekonomi Agribisnis ditekankan bagian dari pertanian. Membuat list daftar asesor di ilmu-ilmu pertanian di seluruh perguruan pertanian. Akte dapat mendukung LAM. Dalam waktu dekat agar dapat disepakati kejelasan profesi dalam naskah LAM.

Dilanjutkan Dr. Ir. Feri Airlius, M. Sc., dari Universitas Andalas yang menyatakan bahwa apapun disiplin ilmu yang berbasis pertanian harus masuk LAM-PTIP. Hal ini senada dengan penyataan Prof suntoro bahwa keteknikan pertanian bisa dimasukan ke dalam LAM-PTIP.

Pra Lokakarya Nasional  FKPTPI dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta. beliau mengatakan bahwa forum ini penting untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan kemajuan perguruan tinggi pertanian di Indonesia. Beliau mengatakan bahwa ke depannya agar acara dan program-program FKPTPI dapat terlaksana dengan baik.

Dewan penasehat FKPTPI oleh Prof. Dr. Ir. Suntoro, M.S., mengingatkan agar program-program FKPTPI yang telah di susun dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. Pada kesempatan ini Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng juga ditetapkan sebagai yang menjalankan tugas (YMT) Sekjen FKPTPI, untuk melanjutkan tugas sekjen sebelumnya yaitu Dr. Ir. Sugiyanta, M. Si., sampai kagiatan Pra Loknas selanjutnya yang rencana akan dilaksanakan di Universitas Hasanudin.

Selanjutnya pembahasan LAM-PTIP menghasilkan beberapa hal yang penting antara lain Penyelesaian Proses mendapatkan SK Pengakuan; Penentuan Biaya registrasiDokumen naskah akademik dan studi kelayakan akan segera diselesaikan dengan Tim dan akan didiskusikan dengan BAN PT; Semua PS pertanian wajib mengakreditasikan ke LAM-PTIP dengan memperhatikan juga kebijakan asosiasi bidang ilmunya.

Selain pembahasan tentang LAM-PTIP, acara ini juga membahas beberapa hal penting terkait dengan permasalahan di perguruan tinggi pertanian. Hal penting tersebut antara lain tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (BMKM) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP). Hal ini penting untuk didiskusikan untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di perguruan tinggi pertanian. Pada kedua hal ini UNS menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang dapat dijadikan percontohan karena telah melaksanakan Program MBKM dan juga LSP.

Acara Pra Loknas ini diikuti oleh peserta dari berbagai perguruan tinggi dan asosiasi pertanian dari seluruh Indonesia. Sesi diskusi berjalan dengan baik dan antusias dari para peserta cukup tinggi. Hal ini menjadi pertanda bahwa LAM pertanian memang sangat penting untuk dibahas, diwujudkan dan dijalankan dengan baik ke depannya.