FAPET UB Benchmarking Tata Kelola Akademik dan Laboratorium  ke FP UNS
Tuesday, 25 January 2022 211 View

FAPET UB Benchmarking Tata Kelola Akademik dan Laboratorium ke FP UNS

Selasa, 25 Januari 2022 Fakultas Pertanian UNS mendapat kunjungan dari Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, Malang. Rombongan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya berjumlah 10 orang dan dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, MS, IPU,ASEAN Eng. Rombongan diterima Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng, para wakil Dekan, Kaprodi Peternakan dan dosen di lingkungan Program Studi Peternakan.

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, MS, IPU,ASEAN Eng mengemukakan maksud dan tujuan berkunjungan di FP UNS adalah dalam rangka benchmarking mengenai bidang akademik dan manajemen labortaorium sehubungan dengan implementasi Universitas Brawijaya yang sekarang berstatus menjadi PTNBH.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M.Si, IPM, ASEAN Eng menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kunjungan benchmarking dari Fakultas Peternakan UB. Selanjutnya dekan mengharapkan agar kerjasama antara dua belah pihak selama ini tetap dilanjutkan dan ditingkatkan utamanya dalam MBKM sehingga dapat memberikan manfaat untuk mahasiswa dan dua belah pihak.

Acara dilanjutkan dengan audiensi tanya jawab mengenai seputar tata kelola yang ada di FP UNS semenjak berstatus menjadi PTNBH. Diantara tema diskusi yang mengemuka adalah mengenai pengelolaan keuangan dan SDM; Manajemen kerjasama bisnis; serta Pengelolaan unit usaha.

Disampaikan Prof. Samanhudi bahwa semenjak UNS berstatus PTNBH maka pengelolaan di bidang keuangan menjadi lebih luwes bahkan untuk pengadaan sekarang bisa mencapai nilai Rp. 500 juta tanpa lelang.

Sementara itu dalam menjawab seputar bidang kegiatan kewirausahaan, Wakil Dekan bidang Perencanaan, kerjasama bisnis, dan informasi Dr. Agung Wibowo, SP, M.Si menyampaikan bahwa untuk kewirausahaan, FP UNS menggandeng alumni yang sukses dibidangnya untuk sharing dengan para mahasiswa dengan wadah “Gathering Business” berupa seminar yang dilaksanakan secara rutin di FP UNS.

“Selain itu ada lompatan kreatif dalam bentuk program inisiasi kewirusahaan melalui pengembangan budidaya tanaman secara hidroponik (start up hidroponik dan teaching factory)”.

Hal ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa serta   untuk mendukung jumlah mahasiswa yang berwirausaha, meningkatkan persentase lulusan S1 yang menghabiskan paling tidak 20 sks di luar kampus serta dapat digunakan sebagai wahana pembelajaran dengan metode pemecahan kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis projek (team-based project)”, sehingga bisa meningkatkan capaian IKU.