header-int

WEBINAR PENGEMBANGAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Jumat, 30 Apr 2021, 13:56:37 WIB - 14 View
Share
WEBINAR PENGEMBANGAN PARTISIPASI MASYARAKAT

Program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan Webinar Online Pengembangan Partisipasi Masyarakat dengan tema “Bagaimana Menggerakan Partisipasi Masyarakat dalam Program Pembangunan” dan “Pendekatan Market System Development Dalam Peningkatan Pendapatan Petani” melalui aplikasi Zoom, Kamis (29/04/2021).

Kegiatan webinar online dibuka dengan opening remark oleh Kaprodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian UNS Dr. Suminah, M.Si. dan Wakil Dekan III Fakultas Pertanian UNS Dr. Agung Wibowo S.P., M.Si. serta dimoderatori oleh Putri Permatasari, S.P. M.Si. Webinar online tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc. (Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan, dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah) dan Elifas Omega Yusufadisyukur, S.P., M.Sc., M.Si. (Konsultan Bisnis di AIP-PRISMA Program).

Webinar online Pengembangan Partisipasi Masyarakat yang diselenggarakan oleh Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Universitas Sebelas Maret diikuti oleh 189 peserta dengan join melalui aplikasi zoom meeting.

Di hadapan peserta Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc. menyampaikan topik Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa dengan mengawali penyampaian tentang desa dan kewenangan desa. Penjelasan dilanjutkan dengan pembangunan desa dimana dalam UU desa terdapat pernyataan bahwa satu desa satu perencanaan dan satu desa satu sistem anggaran. Tujuan pembangunan desa ialah meningkatkan kualitas hidup manusia, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan. Hal ini dapat dicapai melalui pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal, pemanfaatan SDA dan lingkungan hidup berkelanjutan, sehingga pada akhirnya dapat menjadi desa yang mandiri, kuat, maju, dan demokratis. Pembangunan desa dapat berjalan dengan adanya dukungan pemberdayaan masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berdaya dan meningkatkan pasrtisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Hal yang juga penting disampaikan oleh beliau adalah tentang masyarakat desa sebagai subjek pembangunan desa sehingga perlu keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan desa.

Narasumber kedua, Elifas Omega Yusufadisyukur, S.P., M.Sc., M.Si. menyampaikan topik Pendekatan Market System Development dalam Peningkatan Pendapatan Petani. Beliau mengawali penjelasan tentang PRISMA, yaitu program di bawah Kemitraan Australia-Indonesia untuk Pembangunan Ekonomi Pedesaan   (AIP-Rural) yang mendukung strategi pembangunan Pemerintah Indonesia untuk mempercepat pengentasan kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Beliau menyampaikan bahwa cara bekerja PRISMA ialah menggunakan sistem pendekatan MSD. Pendekatan Market Systems Development (MSD) bekerja untuk memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi berbagai pelaku pasar, termasuk petani, penduduk miskin, sektor usaha serta pemerintah. MSD mendorong sistem pasar agar berfungsi secara lebih efektif, berkelanjutan dan bermanfaat bagi penduduk miskin dengan menguatkan kapasitas serta meningkatkan kesempatan mereka demi perbaikan  perbaikan kualitas hidup.

Pada akhir sesi webinar online, Ir. Sugeng Riyanto, M.Sc. memberikan closing statement bahwa masyarakat desa sebagai subjek pembangunan desa memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan desa, dan kita sebagai generasi milenial diharapkan mampu mendukung pengembangan desa. Sementara itu Elifas Omega Yusufadisyukur, S.P., M.Sc., M.Si. memberikan closing statement bahwa sebagai mahasiswa diharapkan untuk terus menggali kemampuan dan mencetak karya agar kedepannya bisa bermanfaat bagi banyak orang.

 

Link Youtube : download


Video Terkait :

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2021 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube