header-int

Tim PKM-M FP UNS Gandeng Balai Besar Tanaman Obat Ajak Masyarakat Manfaatkan TOGA

Jumat, 18 Sep 2020, 08:14:56 WIB - 24 View
Share
Tim PKM-M FP UNS Gandeng Balai Besar Tanaman Obat Ajak Masyarakat Manfaatkan TOGA

Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) yang terdiri dari Nugroho Hasan, Roro Ilma Kusuma Wardani, Syifa Afanin, Widiawati, Khanif Irsyad Fahmi, dan Yokanang Chandra menyelenggarakaan workshop pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA), bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Kementerian Kesehatan RI.

Nugroho Hasan selaku ketua tim mengemukakan bahwa workshop pengolahan TOGA ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta workshop dalam mengolah TOGA. “Workshop ini sebagai salah satu upaya penguatan Sekolah Adiwiyata SMP Muhammadiyah 7 Surakarta untuk menuju sekolah adiwiyata tingkat provinsi”.

Kegiatan sosialisasi program kreativitas mahasiswa dilaksanakan pada Jumat, 4 September 2020  melalui media aplikasi Google Meeting. Kegiatan tersebut diikuti oleh 70 peserta yang terdiri atas masyarakat umum, kader PMR sekolah, guru pendamping, Wakil Kepala Sekolah, serta tim PKM dan dosen pembimbing.

“Diharapkan adanya keberlanjutan setelah pelaksanaan workshop ini yaitu pembuatan produk olahan TOGA yang ditanam oleh kader PMR sekolah dari rumah masing-masing untuk diadakan expo secara daring”, demikian ditambahkan Nugroho Hasan yang juga mahasiswa Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) angkatan 2018.  

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2020 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube