header-int

Tim Bina Desa Prodi PKP Latih Produk Olahan Jamur

Kamis, 10 Sep 2020, 13:55:39 WIB - 56 View
Share
Tim Bina Desa Prodi PKP Latih Produk Olahan Jamur

Tim Bina Desa Himpunan Mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) mendapatkan hibah dana dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbud untuk menjalankan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D). Program yang diangkat oleh Tim Bina Desa HM Pelita yaitu pemberdayaan masyarakat Desa Gondangmanis melalui produk olahan jamur, Desa Gondangmanis mayoritas setiap dusunnya memiliki budidaya jamur tetapi hanya dijual mentah tanpa melalui proses olahan produk.

Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau Badan Eksekutif Mahasiswa.
Menumbuhkan rasa peduli Mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Untuk melaksanakan program tersebut Tim Bina Desa HM Pelita, Sabtu, 5 September 2020 mengadakan Pelatihan Produk olahan jamur tiram dan jamur kuping menjadi kripik jamur. Pelatihan tersebut dilaksanakan di P4S Aneka Jamur Desa Gondangmanis yang dimiliki oleh Bapak Giyatno. Pelatihan diikuti warga desa Gondangmanis terdiri atas perwakilan dari setiap dusun.

Nugroho salah satu anggota tim Bina Desa menyampaikan,  “Tujuan  dari pelatihan tersebut yaitu untuk meningkatkan kemampuan warga Desa Gondangmanis dalam mengolah jamur menjadi produk bernilai ekonomis sehingga meningkatkan added value dari jamur itu sendiri”.

“Proyeksi jangka panjang dari hasil produk olahan tersebut yaitu mendapatkan HAKI yang tersertifikasi Kemenkumham”.

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2020 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube