header-int

Membangun Sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri Pertanian dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Rabu, 28 Apr 2021, 08:51:00 WIB - 29 View
Share
Membangun Sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri Pertanian dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Rabu, 28 April 2021 Fakultas Pertanian UNS menggelar Seminar Nasional dengan mengangkat tema  “Membangun Sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri Pertanian dalam Rangka Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Seminar nasional ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Dies Natalis ke-45 UNS pada Fakultas Pertanian UNS. Seminar Nasional digelar secara daring dengan menggunakan platform zoom dan youtube.  

Seminar dibuka oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan  UNS Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, MS  Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan strategi untuk meningkatkan pembelajaran di kalangan mahasiswa di perguruan tinggi, Kondisi pandemi mengharuskan mahasiswa belajar secara daring sehingga perlu adanya proses adaptasi, baik adaptasi kebiasaan sampai ke kurikulum pembelajaran di Perguruan Tinggi.

Perguruan Tinggi merupakan tempat mahasiswa untuk menimba ilmu sehingga perlu dilakukan adaptasi kurikulum untuk menyeimbangkan dan memicu kreativitas dan inovasi semua pihak serta menguatkan implementasi merdeka belajar kampus merdeka.

Selain itu, peran industri juga sangat penting dalam implementasi MBKM ini. Dengan adanya industri mahasiswa dapat mencari pengalaman, sehingga tidak bosan hanya kuliah, serta paradigma belajar di perguruan tinggi tidak hanya sekedar kuliah namun juga belajar bagaimana bisa berkarya atau bekerja di berbagai bidang, bukan hanya sekedar kuliah untuk bekerja.

Oleh karena itu, Universitas Sebelas Maret selalu berkomitmen untuk mendukung program merdeka belajar kampus merdeka. UNS dapat menjadi kampus merdeka sehingga dapat mendorong pelajar atau mahasiswa untuk belajar sepanjang hayat, keharusan untuk terus belajar, menggali bakat dan minat, mencapai kerjasama tridharma perguruan tinggi serta meningkatkan keunggulan kompetensi di era baru Pendidikan, era Revolusi Industri 4.0. 

Ketua Dies Natalis di Fakultas Pertanian, Dr. Dimas Rahadian Aji Muhammad, S.T.P., M.Sc., mengatakan bahwa acara seminar nasional ini sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Fakultas Pertanian UNS untuk menyambut Dies Natalis UNS ke-45. Selain acara seminar nasional serangkaian acara yang akan dilakukan pada hari Rabu 28 April 2021 antara lain Pra-loknas FKPTPI, Penandatanganan MoA seluruh dekan Fakultas Pertanian se-Indonesia, Pelantikan pengurus Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) cabang Surakarta serta acara webinar pengabdian yang telah dilaksanakan pada awal April.

Kemudian, ketua pelaksana Seminar Nasional, Dr. Muji Rahayu menambahkan bahwa acara seminar nasional ini dilaksanakan secara daring karena mempertimbangkan kondisi wabah COVID-19 yang belum berakhir hingga saat ini. Seminar Nasional dirancang dengan menghadirkan keynote speaker Menteri BUMN Bapak Erick Tohir dan 5 narasumber yaitu Bapak Wahyu Kuncoro (PERUM PERHUTANI yang diwakili oleh Natalas Anis Harjanto (Direktur Operasi dan Perhutanan Sosial), Ir. Syafri Afriansyah (PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tbk.), Vidia Paramita (PT. SMART), Dr. Jamhari (SEKJEN FKPTPI), dan Dr. Kusnandar (Ketua CDC UNS).

Kelima pembicara tersebut merupakan pembicara utama yang membahas terkait sinergi antar Perguruan Tinggi dan Industri dalam implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang saat ini sudah mulai diterapkan di berbagai Perguruan Tinggi sehingga diharapkan Perguruan Tinggi di Indonesia khususnya dapat bekerjasama dengan industri untuk mendukung keberlanjutan Pendidikan yang berkualitas baik secara nasional maupun internasional.

Dekan Fakultas Pertanian UNS, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si, IPM ASEAN Eng. mengatakan bahwa seminar ini akan menjadi awal gagasan kerjasama antar Perguruan Tinggi se-Indonesia khususnya di bidang Pertanian yaitu dengan adanya acara penandatanganan MoA dekan-dekan Fakultas Pertanian se-Indonesia diharapkan dapat memperkuat hubungan kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi dalam upaya implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Selain itu acara Pra-loknas FKPTPI yang rutin dilaksanakan juga akan meningkatkan jalinan silaturahmi antar Perguruan Tinggi sehingga dapat bersinergi untuk memajukan pertanian Indonesia.  

Seminar nasional ini diikuti ratusan pemakalah yang mempresentasikan hasil penelitian atau pengabdian masyarakat, baik dari kalangan perguruan tinggi dan badan penelitian, perusahaan dan kalangan umum dari seluruh Indonesia, serta dhadiri oleh ratusan peserta  dari berbagai kalangan.  Dalam seminar nasional ini,  makalah yang dipresentasikan dikelompokkan menjadi 11 sub tema yaitu sumberdaya lahan dan air, sumberdaya manusia dan kelembagaan, sumberdaya peternakan, sosial ekonomi pertanian, keamanan dan ketahanan pangan, teknologi produksi tanaman dan pasca panen, pengelolaan organisme pengganggu tanaman, sumberdaya hutan dan ekowisata, bioteknologi, program kemitraan masyarakat dan CSR, serta pemberdayaan UMKM bidang pertanian.

 

link Youtube : download


Video Terkait :

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2021 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube