header-int

Mahasiswa PKP Raih Juara 1 Nasional Bina Desa

Kamis, 01 Okt 2020, 05:51:23 WIB - 69 View
Share
Mahasiswa PKP Raih Juara 1 Nasional Bina Desa

Tiga mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian Fakultas Pertanian UNS (Prisca Puspita Sari, PKP 2018), Uswatun Hasanah, PKP 2018), dan Winanda Surya Hapsari , PKP 2018) pada tanggal 27 September 2020 mengikuti Perlombaan Bakti Desa Nasional 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (BEM FKM UNSRI) dan berhasil memboyong penghargaan sebagai juara 1 dalam perhelatan yang diikuti delegasi dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Sub tema yang diambil dalam perlombaan tersebut yaitu Pengembangan Potensi Bidang Ekonomi Kreatif Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Dimana, masyarakat yang menjadi sasaran berada di Desa Rengas I, Kecamatan Payaraman, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan Perlombaan Bakti Desa Nasional tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pasalnya tahun ini dilaksanakan melalui daring, dimana kegiatan tersebut berupa Action Plan Competition yang nantinya akan dipresentasikan. Action Plan yang terpelih nantinya akan diimplementasikan oleh pihak panitia Badenas.

Dalam perlombaan tersebut keluar sebagai juara 2 dari Universitas Sriwijaya dan Juara 3 draih oleh Universitas Jember. Winanda Surya Hapsari sebagai ketua tim UNS mengemukakan bahwa timnya mengangkat tentang pemberdayaan ibu rumah tangga untuk peduli limbah pertanian. “Kami mengangkat karya berjudul GEMPITA (gerakan ibu rumah tangga peduli limbah pertanian): program pemberdayaan ibu rumah tangga melalui pemanfaatan limbah sabut kelapa sebagai media tanam kokedama inovatif berbasis agrosociopreneurship penunjang industri kreatif di masa pandemi. “. Dalam lomba tersebut tim dari Universitas Pertamina keluar sebagai juara video terbaik sedangkan Politeknik Pertanian Medan memperoleh penghargaan sebagai presentator terbaik.

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2020 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube