header-int

Mahasiswa FP Seminarkan Peran Mahasiswa Dalam Implementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Sabtu, 15 Mei 2021, 08:48:43 WIB - 72 View
Share
Mahasiswa FP Seminarkan Peran Mahasiswa Dalam Implementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Minggu, 16 Mei 2021, Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret mengadakan webinar internasional berjudul “Students and Sustainable Development Toward the Global Goals”. Ada empat pembicara yang berasal dari 3 negara, yaitu Indonesia, Vietnam, dan Jepang. Keempat pembicara tersebut adalah Nugroho Hasan (Mahasiswa Berprestasi I Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret), Livy Febria Tedjamulia (Mahasiswa Berprestasi II Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret), Francis Geren Sta. Ana (Chairman of International Union Student Thai Nguyen University of Agriculture and Forestry Vietnam), dan Anggarda Paramita Imawati (Master Student of Kyoto University Japan). Masing-masing pembicara membawa topik terkait peran mahasiswa untuk mengimplementasikan tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals / SDGs).

Seminar Internasional dibuka secara simbolis oleh Dekan Fakultas Pertanian UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, MSi, IPM, ASEAn Eng, dan dilanjutkan pemaparan pemateri oleh narasumber.  Topik yang dipresentasikan oleh Nugroho Hasan sebagai pembicara pertama adalah Localizing SDGs through Community Empowerment by Students. Hasan, sapaan Nugroho Hasan, menjelaskan lokalisasi SDGs dapat dimulai dari desa (SDGs Desa) sebagai bagian terkecil wilayah. Pembicara kedua yaitu Livy (sapaan Livy Febria Tedjamulia) membawa materi Localizing SDGs : The Role of Indonesia’s Indigenous Consumption as A Functional Food. Melalui materinya, Livy memaparkan potensi pangan fungsional dapat berasal dari sumberdaya lokal dan dapat merealisasikan SDGs nomor 3 “Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan”.

Pembicara ketiga, Francis Geren, membawa materi tentang Social-Cultural Sustainability : Winning The Society. Francis membawa pesan untuk berdampak melalui sosial media, memanfaatkan media dengan baik, dan menjadi pribadi yang positif serta berpikiran terbuka terhadap segala perbedaan di dunia, baik agama, ras, suku, gender. Pembicara keempat, Anggarda Paramita, membawa materi tentang Climate Change, Food Security, and Youth Engagement in Climate Adaptation. Melalui presentasinya, Anggarda mengingatkan bahwa perubahan iklim dapat menjadi permasalahan yang serius, terutamanya bagi negara yang tidak memiliki persiapan mitigasi yang baik.

Secara keseluruhan, keempat pembicara memberi pesan kepada peserta webinar bahwa langkah untuk mengimplementasikan SDGs dimulai dari hal terkecil yang dapat kita lakukan saat ini. Hal ini dapat dilakukan dari sikap kita ketika berada dalam dunia maya sehingga mampu membawa dampak bagi sekitar.

 

 

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2021 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube