header-int

Keren, FP Raih Juara 2 Kampus Hijau

Rabu, 30 Des 2020, 09:39:50 WIB - 61 View
Share
Keren, FP Raih Juara 2 Kampus Hijau

Di penghujung tahun 2020 Fakultas Pertanian UNS mendapatkan kado berupa penghargaan dari universitas sebagai juara 2 lomba Green Campus tingkat Universitas Sebelas Maret. Lomba Green Campus diselenggarakan oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup (PPLH) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UNS dan diikuti oleh semua fakultas dan lembaga yang ada di UNS.

Keberhasilan Fakultas Perrtanian dalam meraih juara 2 lomba Green Campus tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik pimpinan fakultas, dosen, tendik serta mahasiswa. Hal senada juga diisampaikan Ketua tim Green Campus FP Prof. Dr. Ir. MMA. Retno Rosariastuti, M.Si, “Dukungan dari pimpinan fakultas sangat positif dengan adanya komitmen penyediaan dana dalam mendukung berbagai kegiatan dan pembangunan yg berkaitan dengan Green Campus”. “Secara umum warga kampus juga mendukung pelaksanaan program Green Campus , baik secara langsung maupun tidak langsung”. 

Penganggaran

Ditambahkan oleh Prof. Retno, banyak program serta langkah yang telah ditempuh oleh fakultas dalam mewujudkan sebagai kampus hijau diantaranya adalah melalaui penganggaran kegiatan yang mendukung kegiatan kampus hijau, dimana pada tahun 2019 dianggarkan 15 juta, tahun 2020 lebiih dari 94 juta, bahkan tahun 2021 dianggarkan 277 juta.

Infrastruktur

“Dalam hal infrastrukstur telah ada 1 gedung 5 lantai (gedung E) yg telah menerapkan konsep smart building, telah dibangun tempat duduk bagi mahasiswa di ruang terbuka dan di taman di lingkungan FP, bahkan pada tahun 2021 diirencanakan  pembenahan dan renovasi gedung menuju smart building”.

Energi

Dalam hal energy telah dilakukan penggantian lampu penerangan menggunakan lampu LED sebesar 70%, Penggunaan AC dengan pendingin ramah lingkungan sebesar 100 %. Pemakaian listrik yg makin rendah di masa pandemic, dalam rangka mengurangi emisi karbon sekaligus memperindah lingkungan dengan pembuatan taman vertikultur, larangan kendaraan bermotor masuk kampus pada Jumat minggu pertama setiap bulan

Himbauan kepada dosen dan tendik untuk tidak menyalakan lampu dan ac bila tidak perlu, dan mematikan lampu dan ac sebelum meninggalkan ruang, himbauan penggunaan sepeda listrik dalam beraktivitas di dalam kampus, fakultas telah menyediakan 3 buah sepeda listrik, penempelan stiker himbauan penghematan energi

 

Penghjauan

Dalam hal penghijuan di lingkungan kampus telah dilakukan pembuatan taman dalam pot di atap gedung C, penghijauan oleh organisasi mahasiswa dan pemberian bibit tanaman kepada masyarakat saat praktikum lapangan kurang lebih 5000 bibit, melaksanakan program penghijauan secara rutin setiap tahun saat Dies Natalis   bekerjasama dengan Alumni dan Instansi lain. Tahun 2020 ini ada bantuan bibit tanaman dari Disbun Prop Jateng sejumlah 750 batang pohon.

Penanganan Limbah (waste)

Adanya gerakan mendukung Indonesia Bersih yg didukung oleh SK Dekan tentang larangan penggunaan air minum dalam botol plastic, pelarangan penggunaan MMT. Dibuat Program Bank Sampah dan Program pengomposan sampah organik di lingkungan kampus bekerjasama dengan Perum Pegadaian, pengolahan kotoran ternak menjadi pupuk organik padat yg dikenal dengan merk “Rojokoyo” yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

 

 Dalam Hal Penggelolaan Air

 Telah dibuat sumur resapan sejumlah 3 buah, penggunaan kloset tipe ecoflash yang hemat air sejumlah 30%. Dan program ini akan dilanjutkan pada tahun berikutmya, dilakukan Program konservasi air melalui pembuatan lubang biopori, s/d 2020 berjumlah 13 buah, dalam rangka daur ulang air,  dibangun instalasi penampungan air bekas wudhu untuk menyiram tanaman dan memelihara ikan

 Transportasi

Tersedia sepeda listrik yang ramah lingkungan sejumlah 3 buah

 

Dalam bidang pendidikan (education)

Banyak mata kuliah yg memasukkan aspek lingkungan sebagai salah satu pokok bahasan. Banyak kegiatan dosen di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan upaya menggatasi masalah lingkungan dan dipublikasikan di jurnal ilmiah nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi atau disampaikan dalam konferensi baik nasional maupun internasional.

Banyak penelitian mahasiswa di bidang lingkungan yang ditulis dalam skripsi dan dipublikasi d jurnal nasional maupun Internasional.

Mengadakan edukasi kepada siswa SD, SMP, SMA dan masyarakat umum agar lebih peduli pada lingkungan dan tahun 2021 direncanakan akan ada pelatihan tentang pengelolaan lingkungan

Kegiatan himpunan mahasiswa di masing-masing Prodi di bidang lingkungan, Kerjasama dengan alumni dan instansi lain untuk melakukan kegiatan di bidang lingkungan, membuat video berbagai kegiatan di bidang pendidikan.

Beberapa Kendala yang Dihadapi

Prof. Retno juga menyampaikan bahwa dalam implementasi kampus hijau masih didapatkan beberapa kendala diantaranya “Sumber air bersih masih menggunakan air tanah, sehingga tidak terukur kebutuhan airnya. Akan lebih baik jika menggunakan air PDAM”.

“Belum banyak tempat sampah yang membedakan antara sampah organik basah, sampah organik kering seperti kertas, dan sampah non organik seperti plastik, kaleng dan kaca”.

Beberapa Program Belum Terealisasi

“Ada beberapa hal yang belum terealisasi dalam rangka mendukung program green campus antara lain : Dalam hal infrastruktur  perlu penambahan elemen pendukung smart building untuk semua gedung di FP”.

Dalam hal energy, perlu pemanfaatan energi alternatif, misal : penggunaan tenaga surya untuk lampu penerang lingkungan; penggunaan AC inverter yg hemat energi, menggati semua lampu ke tipe LED hingga 100%.

Dalam hal pengelolaan air, perlu mengganti air tanah dengan air PDAM, perlunya penggunaan kran otomatis, serta penambahan sumur resapan dan lubang biopori untuk meningkatkan kandungan air tanah

Dalam hal pengelolaan limbah, perlunya pengolahan sampah organik secara rutin, perlunya pelaksanaan program bank sampah untuk seluruh warga FP : mahasiswa, Dosen dan tendik, bekerjasama dengan Perum Pegadaian

Mengakhiri perbincangan profesor bidang ilmu Mikrobiologi Tanah dan Lingkungan ini  memberikan harapan agar ke depan ada upaya pengolahan limbah cair dari semua laboratorium di IPAL terpadu milik FP.“Pelaksanaan pelatihan pengolahan sampah menjadi aneka produk (tidak hanya dibuat pupuk) kepada mahasiswa, peningkatan himbauan kepada dosen, tendik dan mahasiswa agar menerapkan budaya peduli lingkungan dalam hidup sehari-hari sehingga tercipta kampus FP menjadi kampus hijau nan bersih, indah, sehat dan ramah lingkungan”, demikian pungkasnya.

 

Link video terkait : download

 


Video Terkait :

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2021 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube