header-int

FP Luncurkan Bank Sampah Hasil Kerjsama Dengan PT. Pegadaian

Kamis, 01 Apr 2021, 13:40:39 WIB - 67 View
Share
FP Luncurkan Bank Sampah Hasil Kerjsama Dengan PT. Pegadaian

Kamis, 1 April 2021 Fakultas Pertanian UNS meluncurkan program “Bank Sampah” yang merupakan hasil kerjasama dengan PT. Pegadaian. Peluncuran program “Bank Sampah” dihadiri Ali Mustaat (Vice President Deputi Bisnis PT. Pegadaian), Pengelola bank sampah “Kitiran”, Dekan dan Wakil Dekan, Pengurus Bank Sampah   dan Tim Green Campus FP UNS. 

 

Program Bank Sampah, “The Gade Clean & Gold” merupkan program  dari PT. Pegadaian dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mengkapitalisasi sampah menjadi tabungan emas atau sesuatu yang bernilai. Program  ini merupakan program bersih-bersih Pegadaian yang mengajak dan mengedukasi masyarakat dalam memilah sampah untuk dikonversi menjadi tabungan emas Pegadaian/sesuatu yang bernilai. Kegiatan memilah sampah ini dinyatakan dapat menjadi salah satu cara  yang cukup efektif dalam mengurangi volume sampah rumah tangga dan mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan, sekaligus sebagai upaya meningkatkan sumber penghidupan warga sekitar dari pemanfaatan kembali sampah.

Dalam sambutannya Ali Mustaat selaku Vice President Deputi Bisnis PT. Pegadaian  mengemukakan harapan dan optimismenya dengan peluncuran bank sampah hasil kerjasama Fakultas Pertanian UNS dengan PT Pegadaian, “Ini merupakan langkah awal dan dimulai dari yang kecil dan bisa ditingkatkan ke yang lebih besar”.   

“Kolaborasi semacam ini menghubungkan rasa kebersamaan rasa membangun negeri dan membangun perekonomian negara, supaya kita tumbuh bersama dan mampu mengembangkan Indonesia secara baik perekonomiannya dan juga secara universiti kita gandeng juga untuk mendidik teman-teman bisa PKL, bisa PPL di PT Pegadaian.”

 

“Ini menandakan bahwasanya kita adalah organisasi yang sehat dan mampu menggandeng kepada pihak-pihak lain dalam usaha untuk kemajuan kita bersama”.

Sementara itu Dekan FP UNS Prof. Dr. Ir. Samanhudi, M.Si, IPM, ASEAN Eng menyambut baik dan mengapresiasi peluncuran bank sampah di FP UNS.  “Kami menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh PT. Pegadaian karena tidak semata-mata membeli sampah membayara uang,  tapi yang lebih penting adalah edukasi kepada masyarakat bagaimana masyarakat bisa sadar terhadap lingkungannya, bagaimana masyarakat tidak hanya sekedar menjual mungkin sampah, kertas dsb, tapi bagaimana pengelolaan sampah pengelolaan lingkungan yang lebih luas lagi dan disitu ada unsur edukasi  dan mudah-mudahan dapat meningkatkan kesadaran kepada masyarakat yang lebih luas”.

Dekan juga berharap rencana pengembangan ke depan bank sampah tidak hanya kerjasama dengan Fakultas Pertanian saja namun dalam skala yang lebih besar yaitu dengan universitas. Prof Samanhudi  menyampaikan bahwa proposal dalam skala yang lebih besar sudah disampaikan kepada Direktur Umum PT. Pegadaian dan tinggal menunggu legal formalnya saja.  “kami siapkan lokasi yang lebih luas di Jatikuwung, nanti sampah yang basah bisa proses di sana karena ada peternakan juga sehingga bisa terintegrasi  antara sampah dari kotoran ternak dan sampah dari kampus maupun dari lingkungan masyarakat”.

 

Peluncuran secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita oleh Dekan dan Vice President Deputi Bisnis PT. Pegadaian dan dilanjutkan dengan penimbangan perdana sampah kertas yang diserahkan secara langsung oleh dekan kepada pengelola bank sampah.     

Sementara itu Wakil Manajer Bank Sampah FP UNS Prof. Dr. Ir. Retno Rosariatuti, M.Si mengemukakan bahwa program ini akan berjalan lebih lancar jika kita semua (warga kampus) berkenan menjadi nasabah bank sampah dan nasabah tabungan emas PT Pegadaian. “Monggo ibu bapak kerso bersusah-susah sedikit bersih-bersih ruang kerja dengan menyetorkan sampah kertasnya ke bank sampah FP, sehingga ruang kerja kita menjadi nyaman”. Disampaikan Prof. Retno juga bahwa untuk Operasional Bank sampah FP adalah tiap hari Kamis minggu pertama dan minggu ke tiga .    

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2021 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube