header-int

Dewa Putu mahasiswa Prodi ITP Juarai Kompetisi Nasional MIPA-PT

Rabu, 16 Sep 2020, 12:40:26 WIB - 39 View
Share
Dewa Putu mahasiswa Prodi ITP Juarai Kompetisi Nasional MIPA-PT

Dewa Putu Adi NA, mahasiswa angkatan tahun 2018 Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Fakultas Pertanian UNS berhasil meraih juara 3 kategori Biologi dalam ajang KNMIPA-PT atau Kompetisi Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.  

KNMIPA-PT atau Kompetisi Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi merupakan salah satu ajang lomba yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama dengan PIMNAS dan Pilmapres. Kemudian berubah menjadi KNMIPA-PT, ajang perlombaan memiliki nama ONMIPA-PT ketika masih dalam dibawah tanggung jawab Kemristekdikti dan untuk tahun 2019 dirubah menjadi KNMIPA-PT ketika tanggung jawab pengadaan perlombaan ini diambil alih oleh Kemendikbud.

Untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini, peserta harus melewati 3 tahap seleksi, yang diawali dengan seleksi tahap universitas diadakan pada akhir tahun 2019, kemudian ketika dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan barulah bisa lanjut ke tahap kedua yaitu tahap seleksi wilayah. Untuk tahap wilayah sendiri, masing masing universitas diberikan kuota untuk jumlah peserta yang bisa lolos ke tahap wilayah dan juga passing grade untuk nilai peserta yang bisa lolos ke tahap wilayah.

Tahap wilayah diadakan secara online dikarenakan pandemi Covid-19 yang tidak kunjung reda, memaksa pihak panitia untuk merubah mekanisme perlombaan. Tahap wilayah sendiri diadakan selama 2 hari dimana masing masing  peserta akan mengerjakan soal soal dari sub-bab materi yang berbeda dan tingkat kesulitan yang berbeda. Setelah itu, tibalah tahap ketiga yaitu tahap final (Nasional) dimana para peserta terbaik tiap provinsi akan mewakili daerahnya untuk berkompetisi di tingkat Nasional melawan peserta dari seluruh penjuru daerah di Indonesia.

Namun dikarenakan pandemi Covid-19 belum reda, seleksi nasional yang seharusnya diadakan secara offline, terpaksa untuk pertama kalinya dalam sejarah KNMIPA-PT diadakan secara online dan peserta pun harus terbiasa dengan kondisi seperti ini.

Dewa Putu mengemukakan kesan dan pesan selama mengikuti KNMIPA-P, “Bagi saya KNMIPA-PT tahun ini adalah KNMIPA-PT yang paling berkesan diantara KNMIPA tahun sebelumnya yang saya ikuti karena pada tahun ini saya diuji untuk terbiasa dengan keadaan baru dan diujinya iman yang kita miliki untuk tidak berbuat curang”.

“Karena seperti yang kita ketahui, karena seleksi diadakan secara online, kemungkinan untuk berbuat curang pun akan semakin besar terjadi”.  

“Saya sangat bangga bisa membawa nama almamater UNS dan berkompetisi dengan penuh semangat dan perjuangan melawan partisipan lainnya dari seluruh Indonesia”.

“Ketika saya berhasil membawa pulang medali untuk kampus tercinta, disanalah kebahagiannya sebenarnya muncul karena selain saya bersyukur bisa mengharumkan nama Universitas, saya juga bersyukur bisa membuat orang tua saya bangga yang dimana selama ini beliaulah yang mendoakan sepenuh hati untuk anak tercintanya ini”.

Dengan terbata-bata Dewa Putu menyampaikan rasa terima kasih dan haru atas prestasi yang diraihnya, “Terima kasih bu..pak atas segalanya…dan terima kasih Universitas Sebelas Maret yang selalu mendukung dan memfasilitasi kami dalam segala kondisi”.

“Harapan saya kedepannya, semoga di tahun yang akan datang, mahasiswa UNS bisa meraih prestasi serupa dan bahkan lebih baik dan lebih banyak dari tahun ini yang tentunya akan membawa dan mengharumkan nama baik Universitas di kancah nasional”, demikian ditambahkan Dewa Putu.  

Berita ini juga tayang Instagram dan Facebook : https://www.facebook.com/groups/353490868056465

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2020 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube