header-int

Malam Silaturahim Pimpinan FP UNS dan Orang Tua Wali Mahasiswa

Kamis, 01 Okt 2020, 10:09:31 WIB - 81 View
Share
 Malam Silaturahim Pimpinan FP UNS  dan Orang Tua Wali Mahasiswa

Rabu, 30 Oktober 2020 Fakultas Pertanian UNS menggelar malam silaturahim pimpinan Fakultas Pertanian UNS dan orang tua / wali mahasiswa baru angkatan tahun 2020 secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Youtube dan Zoom Meeting. Silaturahim dihadiri seluruh orang tua/wali mahasiswa baru angkatan tahun 2020 dari 7 program studi S1 yang berada di Fakultas Pertanian UNS.

Mengawali acara, penyampaian ucapan selamat datang dan pengenalan profil Fakultas Pertanian UNS oleh Dekan Prof. Dr. Ir. Samanhudi, SP, M,Si, IPM, ASEAN ENG. Dalam sambutannya Prof. Samanhudi menyampaikan visi dan misi Fakultas Pertanian serta keunggulan yang dimiliki fakultas diantaranya berbagai kerja sama internasional yang telah dijalin dan berbagai kegiatan internasional yang diikuti dosen dan mahasiiswa. Dekan juga menekankan pentingnya fakultas pertanian ke depan agar dapat menjadi research center bagi komoditas coklat hasil kolaborasi dengan Ghent University, Belgia.

Sambutan berikutnya disampaikan Rektor Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Jamal Wiwoho, SH, M.Hum. Rektor sangat mengapresiasi langkah – langkah yang disampaikan Prof. Samanhudi sebagai dekan fakultas pertanian yang berkomitmen siap menghantarkan menuju kesuksesan bagi mahasiswanya.

Tidak ketinggalan para guru besar Fakultas Pertanian UNS juga ikut memberikan motivasi dan dorongan semangat untuk mahasiswa baru dengan kemasan “Guru Besar Menyapa” yang disampaikan secara bergantian.

Motivasi dan pembekalan dari alumni berprestasi disampaikan Ir. Triyana, MBA Direktur Keuangan BULOG. Dalam paparannya yang mengangkat judul “Peluang Kerja Sarjana Pertanian”, Ir. Triyana menyampaikan bahwa profesi dunia pertanian ke depan akan semakin meluas dibanding dengan profesi yang lain karena beberapa profesi yang lain akan digantikan dengan sistem online. “Indonesia memfokuskan kinerja 5 sektor manufaktur dalam negeri dan menjadi pilar pertumbuhan ekonomi nasional ke depan yaitu : Industri makanan dan minuman; tekstil dan pakaian; kimia; otomotif ; dan elektronika”.

“Dengan semakin bertambahnya penduduk dan tingkat konsumsi yang tinggi, industri pangan menjadi pilar penting dalam pembangunan negara”.

Ir. Triyana juga menekankan pentingnya peningkatan sumber daya manusia  dalam industri pangan, “Modernisasi industri pangan yang semakin meningkat membutuhkan SDM yang IT related, dengan kreativitas dan inovasi yang terintegrasi dengan teknologi terbaru”.

“Teknologi dan mesin yang semakin berkembang harus selaras dengan SDM yang terlatih dan menguasai teknologi terbaru”.

Mengenai peluang kerja Direktur Keuangan Bulog ini mengharapkan agar mahasiswa tidak khawatir sehingga tidak mendapatkan pekerjaan nantinya setelah lulus. “Potensi kerja lulusan fakultas pertanian tinggi, karena lulusan fakultas pertanian bisa masuk ke industri-industri yang food related, bahkan kepada industri yang tidak food related namun bersinggungan dengan industry food related, seperti agro industri, teknologi pengolahan, budidaya, pasca panen, agrobisnis, dll”.    

 

| FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET| COPYRIGHT © 2020. ALL RIGHTS RESERVED.
© 2020 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Follow Fakultas Pertanian UNS : Facebook Instagram Twitter Linked Youtube