Agroteknologi FP UNS Hadirkan Pakar dari PT. East West Seed  dalam Kuliah Umum  Bioteknologi Pemuliaan Tanaman  untuk Menghasilkan Varietas Baru
Thursday, 22 September 2022 44 View

Agroteknologi FP UNS Hadirkan Pakar dari PT. East West Seed dalam Kuliah Umum Bioteknologi Pemuliaan Tanaman untuk Menghasilkan Varietas Baru

Rabu, 21 September 2022 Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret menyelenggarakan Kuliah Umum Bioteknologi dengan mengangkat tema “Bioteknologi Pemuliaan Tanaman untuk Menghasilkan Varietas Baru”. Kuliah umum ini dilaksanakan secara hybrid melalui zoom meeting dan luring di Ruang Sidang Gedung Supratoyo Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Hadir sebagai narasumber adalah Muryanto, S.P., M.Si. dari PT East West Seed Indonesia, Ketua PKKM, Prof. Dr. Ir. Endang Yuniastuti, M.Si., Kepala Program Studi Agroteknologi, Dr. Ir. Parjanto, M.P., Dekan Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM., ASEAN Eng. dan mahasiswa Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM., ASEAN Eng dalam sambutannya menyambut baik adanya kuliah umum ini untuk menambah wawasan terkait bioteknologi dari pelaku produsen benih besar di Indonesia serta bisa menambah jejaring.

Narasumber kuliah umum Muryanto, S.P., M.Si. selaku Senior Biotechnology Laboratory Manager menanggapi dengan menawarkan kerjasama magang mahasiswa UNS di PT. East West Seed Indonesia.

Dalam paparannya Muryanto mengemukakan bahwa pengembangan varietas baru di PT. East West Seed Indonesia dimulai dengan pengumpulan info kebutuhan pasar konsumen (hasil tinggi, tahan penyakit, penampilan yang baik, rasa yang enak, bergizi dan daya simpan baik), koleksi plasma nutfah, proses pemuliaan, uji lapangan, uji multilokasi, introduksi varietas baru hingga pemasaran.

“Proses bioteknologi di PT. East West Seed Indonesia sudah didukung pendekatan teknologi komputer serta mesin yang efektif dan efisien guna mencapai hasil varietas baru”.

“Selain itu kegiatan bioteknologi ini sangat menarik menjadi bahan publikasi nasional maupun internasional”, demkian ujar Muryanto.

link Youtube : download